Jumat, 28 Februari 2020

Masalah Hibah KONI Merangin, Komisi I DPRD Jadwalkan Pemanggilan Inspektorat


Kamis, 23 Januari 2020 | 16:54:04 WIB


Sukadi Ketua Komisi I DPRD Merangin
Sukadi Ketua Komisi I DPRD Merangin / istimewa

MERANGIN-Kasus hibah kebun kelapa sawit yang dihibahkan Pemerintah Kabupaten Merangin pada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangko pada 2003 lalu saat ini tengah ditangani Inspektorat Merangin.

Saat ditangani Inspektorat, kasus hibah KONI tercium oleh DPRD Merangin, untuk mengetahui kasus tersebut Komisi I DPRD akan panggil Inspektorat untuk masalah hibah KONI.

Hal ini dikatakan langsung oleh Sukari, Ketua Komisi I DPRD, dijelaskan Sukadi bahwa jadwal pemanggilan Inspektorat sudah di agendakan untuk mempertanyakan masalah KONI.
"Kemarin kita sibuk, awal bulan depan kita panggil Mereka (Inspektorat, ed) kita tanya betul masalah hibah itu, katanya belum kelar," ujar Sukadi, Ketua Komisi I DPRD Merangin.

Sebelumnya diberitakan, bahwa Inspektorat mengaku kesulitan untuk membongkar kasus hibah KONI, karena berbagai kendala untuk dilakukan audit.

Seperti sulitnya mendapatkan data valid dugaan penyimpangan KONI, selain itu sulitnya menghadirkan pihak KONI untuk meminta penjelasan, selam pemeriksaan memang sudah ada beberapa mantan Ketua KONI dihadirkan untuk dimintai Keterangan.

Hatam Tafsir, Inspektur Inspektorat Merangin, baru baru ini mengatakan bahwa pihaknya masih terus berupaya membongkar kasus Hibah KONI, meski demikian Hatam belum bisa menyimpulkan hasil dari pemeriksaan yang dilakukan pihaknya.

"Nantilah, kalau sudah selesai saya ceritakan, kita juga tidak bisa memaksa namun proses masih berlanjut," pungkasnya


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments