Sabtu, 4 April 2020

Seluruh SMA Negeri di Jambi Ditargetkan UN Berbasis Komputer


Kamis, 23 Januari 2020 | 16:55:45 WIB


/ Nita / Metrojambi.com

JAMBI-Ujian Nasional (UN) 2020 akan menjadi UN terakhir yang dilaksanakan di setiap sekolah. Pasalnya karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menghapuskan UN untuk 2021 mendatang dan digantikan oleh kebijakan penilaian siswa yang baru.

Karena menurutnya, nilai UN tidak efektif untuk menilai siswa, serta UN dinilai terlalu fokus pada kemampuan menghafal dan membebani siswa, orang tua, serta guru.

Terkait kebijakan itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi mempunyai target untuk pelaksanaan UN terakhir di Provinsi Jambi khusus SMA/SMK/SLB akan dilaksanakan berbasis komputer (UNBK) pada akhir Maret.

Kabid SMA Disdik Provinsi Jambi, Misrialdi mengatakan, untuk tahun ini khusus SMA Negeri akan di targetkan melakukan UNBK. "Tidak ada lagi yang manual," ujarnya.

Dikatakannya, dalam rangka untuk menghadapi UN sesuai dengan instruksi Mendikbud, dalam beberapa waktu dekat Disdik Provinsi Jambi akan melakukan rapat koordinasi dengan pengawas dan kepala sekolah SMA/SMK.

Untuk UN tahun 2020 ini akan ditargetkan SMA Negeri akan laksanakan UN berbasis komputer. "Karena UN tahun lalu masih ada sekitar 15 persen sekolah masih UN secara manual," tutup Misrialdi.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments