Minggu, 20 September 2020

Mahasiswa Kembali Gelar Demo, Desak Pemerintah Selesaikan Masalah Karhutla


Kamis, 26 September 2019 | 11:14:06 WIB


Mahasiswa saat menggelar aksi menuntut pemerintah segera menyekesaikan permasalahan karhutla di Jambi, Kamis (26/9/2019)
Mahasiswa saat menggelar aksi menuntut pemerintah segera menyekesaikan permasalahan karhutla di Jambi, Kamis (26/9/2019) / Metrojambi.com

JAMBI - Ratusan mahasiswa yang menamakan dirinya Cipayung Jambi, Kamis (26/9/2019), menggelar aksi demontrasi di perempatan kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi.

Dalam aksinya, mahasiswa yang berasal dari berbagai organisasi kemahasiswaan itu mendesak Pemerintah Provinsi Jambi dan kabupaten untuk segera menyalurkan bantuan kebutuhan logistik yang mendesak.

Selain itu, mereka juga meminta persoalan karhutla tidak dipolitisasi, serta meminta pemerintah menfasilitasi terselenggarakannya audiensi Cipayung plus dengan Kapolda Jambi, Dandrem 042/Gapu, DPRD Provinsi Jambi, dan perusahaan yang terlibat masalah karhutla.

"Kami minta seluruh stakeholder terkait menyampaikan secara transparan persoalan penangan Karhutla dalam jangka waktu satu minggu terhitung dari hari ini," ujarnya salah seorang mahasiswa dalam orasinya.

Dalam aksinya, mahasiswa juga mendesak Pemerintah Provinsi jambi membuat rancangan jangka panjang mengenai pencegahan penindakan dan pemanfataan.

"Kami minta Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD merekomendasikan kepada pemerintah pusat agar perusahaan yang terbukti melakukan pembakaran untuk dicabut izinnya," ujar mahasiswa lainnya.

Kemudian, mendesak pemerintah membuka seluruh data terkait dengan hutan yang terbakar dan pelaku pembakaran hutan dan mendesak DPRD Provinsi membuat peraturan daerah terkait dengan lahan yang terbakar untuk tidak dikelola selama empat tahun.

Pantauan di lapangan, aksi demo mahasiswa tersebut medapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments