Sabtu, 30 Mei 2020

Pelamar PPK Untuk Kecamatan Jujuhan Ilir Bungo Masih Minim


Rabu, 22 Januari 2020 | 21:32:39 WIB


Ketua KPU Bungo Muhammad Bisri
Ketua KPU Bungo Muhammad Bisri / metrojambi.com

MUARA BUNGO - Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bungo, tengah menanti para putra-putri Kabupaten Bungo yang berminat dan serius ingin menjadi penyelenggara Pemilu untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi serta Bupati dan Wakil Kabupaten Bungo.

Ini setelah diumumkanya penerimaan calon PPK yang akan ditempatkan di 17 Kecamatan di Kabupaten Bungo yang telah diumumkan ke publik sejak 15-17 Januari lalu. Dan saat ini memasuki tahap pengembalian berkas ke KPU Bungo terhitung sejak 18-24 Januari nanti.

Update terakhir jumlah pelamar yang mengembali berkas lamaran ke KPU Bungo terhitung 18 Januari lalu hingga 21 Januari baru 149 Pelamar terdiri 100 pelamar laki-laki dan 49 pelamar perempuan yang sudah terigistrasi di KPU Bungo.

Dengan rincian, dari 17 Kecamatan yang mendaftar sesuai domisili calon masing-masing yakni. Kecamatan Pasar Muara Bungo 8 pelamar, Kecamatan Rantau Pandan 6 orang, Kecamatan Tanah Tumbuh 12 orang, Kecamatan Jujuhan 8 orang, Kecamatan Tanah Sepenggal 7 orang, Kecamatan Pelepat 6 orang, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII yakni 8 orang, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang 6 orang, Kecamatan Pelepat Ilir 11 orang, Kecamatan Bathin II Babeko 7 orang, Kecamatan Bathin III 12 orang, Kecamatan Bungo Dani 14 orang, Kecamatan Rimbo Tengah 13 orang, Kecamatan Bathin III Ulu 10 orang, Kecamatan Bathin II Pelayang 12 orang, Kecamatan Jujuhan Ilir 1 orang dan Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas 8 orang.

Ketua KPU Bungo Muhammad Bisri, di kantor KPU Bungo kemarin Rabu (22/1) mengungkapkan, dari 17 Kecamatan yang ada semuanya sudah ada yang mengembalikan berkas lamaran ke KPU. Hanya saja jumlah dari setiap kecamatan update terakhir per 21 Januari berbeda-beda angka yang sudah menyampaikan berkas lamaran.

“Pendaftar yang paling banyak mengembalikan berkas yakni Kecamatan Bungo Dani sebanyak 14 orang yang sudah mengembalikan berkas, kemudian menyusul Rimbo tengah ada 13 orang. Setelah itu Tanah Tumbuh, Bathin III dan Bathin II Pelayang masing-masing 12 pelamar,” ujar M Bisri menjelaskan.

Hanya saja ada yang masih minim yang mengembalikan berkas yakni dari pelamar Keterwakilan Kecamatan Jujuhan Ilir dan juga beberapa kecamatan lainya. Namun hal ini kata M Bisri, tidak terlalu menjadi kekhawatiran KPU Bungo dalam merekrut PPK karena data yang ada saat ini update per tanggal 21 Januari dan masih ada sisa waktu pengembalian berkas hingga 24 Januari.

“Kalau kita lihat dari progress perhari per 21 Januari, memang ada satu Kecamatan yakni Kecamatan Jujuhan Ilir baru satu orang pelamar mengembalikan berkas. Tetapi untuk Kecamatan laianya kita optimis dalam tiga hari ke depan sampai 24 Januari akan terpenuhi minimal dari dua kali angka kebutuhan,” jelas M Bisri lagi.

Ditanya jika nantinya tidak terpenuhi minimal dua kali dari angka kebutuhan calon PPK di setiap kecamatan yakni 10 orang. M Bisri akui sesuai aturan maka pendaftaran akan dilakukan perpanjangan.

“Kalau masih ada kecamatan yang belum mencapai dari angka kebutuhan dua Kali kebutuhan maka Pendaftaran akan diperpanjang selama tiga hari,” bebernya.

Opsi terakhir sesuai aturan yang ada, jika perpanjangan selama tiga hari setelah tanggal 24 Januari ternyata juga masih ada kecamatan yang belum sampai minimal dua kali dari angka kebutuhan maka pihak KPU akan melakukan kerjasa dengan pihak terkait untuk direkrut menjadi anggota PPK.

“Jadi kalau sudah diperpanjang tiga hari masa pendaftaran juga tidak terpenuhi angka dua kali kebutuhan maka kita akan berkerjasama dengan lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi,” katanya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments