Rabu, 26 Februari 2020

Terpidana Mati yang Kabur Dari Lapas Terlibat Sejumlah Aksi Kejahatan di Jambi


Kamis, 23 Januari 2020 | 22:48:19 WIB


Johan Hutasoit, terpidana mati yang kabur dari Lapas di Sumatera Barat berhasil ditangkap di Jambi
Johan Hutasoit, terpidana mati yang kabur dari Lapas di Sumatera Barat berhasil ditangkap di Jambi / metrojambi.com

JAMBI – Terpidana mati kasus perampokan dan pembunuhan di Sumbar Johan Hutasiod (41) ternyata terlibat aksi pencurian motor dan mobil di beberapa tempat di Provinsi Jambi.

Aksi pencurian itu dilakukannya selama masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) pihak Lapas Sumbar. Bahkan saat ditangkap, Johan terpaksa dilumpuhkan oleh pihak kepolisian karena membahayakan anggota.

"Ya, terpaksa dilumpuhkan di kakinya karena mencoba melakukan perlawanan dan mencoba melarikan diri saat akan ditangkap," kata Kapolsek Kota Baru, AKP Afrito, Kamis (23/1/2020).

Johan merupakan DPO dalam dua kasus berbeda. Pertama DPO Lapas Sumbar, kedua Lapas Jambi dalam kasus curanmor dari enam laporan yang diterima polisi. Pelaku ditangkap 21 Januari 2020 pukul 13.00 WIB setelah mendapatkan informasi jika Johan berada di Simpang Kawat Kota Jambi.

Untuk diketahui, Johan kabur dari Lapas Sumber setelah divonis mati dalam kasus pembunuhan satu keluarga secara sadis. Baru 6 tahun menjalani hukuman di Lapas, Johan berhasil melarikan diri. Dalam pelariannya bersangkutan berpindah pindah tempat termasuk di Riau dan terakhir di Jambi.

Selama di Jambi, Johan melakukan pencurian roda empat dan dua guna memenuhi kebutuhan hidup di Kota Jambi dan Kerinci. Bahkan yang bersangkutan, sudah memiliki istri dan 2 anak di Jambi.

Pelarian Johan terhenti setelah dibekuk oleh tim Reskrim dan Resmob Polda Jambi. Untuk saat ini yang bersangkutan diproses di Polsek Kota Baru atas kasus curanmor. Terkait kasus terpidana matinya, Polsek Kota Baru masih menunggu koordinasi dengan pihak Kejaksaan di Sumbar.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments