Senin, 3 Agustus 2020

Fasilitas UN Tetap Digunakan untuk Belajar


Selasa, 28 Januari 2020 | 21:02:48 WIB


SMPN 7 Kota Jambi tetap akan memanfaatkan fasilitas ujian nasional berupa perangkat komputer, untuk pembelajaran sehari-hari
SMPN 7 Kota Jambi tetap akan memanfaatkan fasilitas ujian nasional berupa perangkat komputer, untuk pembelajaran sehari-hari / metrojambi.com

JAMBI - Tahun ajaran 2019/2020 merupakan tahun terakhir pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sebab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim sudah merencanakan mengganti UN dengan sistem yang baru.

Seperti diketahui, sekolah di Jambi tahun ini akan menggelar UN berbasis komputer ataupun android. Salah satunya adalah, SMPN 7 Kota Jambi yang sudah melaksanakan UN berbasis online.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 7 Kota Jambi, Wayan Mada mengatakan, terkait wacana penghapusan UN dan diganti sistem penilaiannya, pasti akan ada dampak positif dan negatifnya.

"Pasti ada dampaknya jika UN ditiadakan. Ada dampak positif dan ada negatifnya," ujar Wayan, Selasa (28/01/2019).

Dikatakannya, SMPN 7 Kota Jambi sendiri telah melaksanakan UN berbasis online ditahun sebelumnya, termasuk pada April 2020 mendatang.

"Tidak ada kerugian bagi sekolah jika UN dihapuskan, karena ini kebijakan Mendikbud dan pastinya ini yang lebih baik untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia," katanya.

Termasuk soal komputer yang digunakan untuk UN. Sebab, di SMPN 7 Kota Jambi ada mata pelajaran komputer.

"Jika UN tidak berbasis online melalui komputer dan android, komputer yang ada juga kita manfaatkan untuk belajar, jadi tidak akan sia-sia," ujar Wayan.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments