Jumat, 3 April 2020

Dinkes Minta Warga Merangin Waspadai DBD


Selasa, 04 Februari 2020 | 16:39:28 WIB


Abdaei , Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin.
Abdaei , Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin. / Andi/Metrojambi.com

BANGKO - Warga Kabupaten Merangin diminta untuk mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, nyamuk berkembang biak lebih baik dari musim panas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin Abdaei memgatakan, pada Januari 2020 lalu pihaknya mencatat ada 11 orang warga yang mengidap DBD.

"Kita minta kepada masyarakat agar lebih waspada. Selalu menjaga kebersihan lingkungan, apalagi kondisi saat ini musim hujan," kata Abdaei, Selasa (4/2/2020).

Dikatakannya lagi, 11 kasus DBD ini ditemukan di sejumlah kecamatan, diantaranya Bangko, Pamenang, dan Tabir. Rata-rata korban DBD berusia 12 tahun ke bawah. Namun demikian, ada juga dua orang dewasa yang terkena penyakit ini.

"Untuk jenis kelamin, laki-laki tujuh orang dan perempuan empat orang," ujarnya.

"Itu masyarakat yang datang berobat ke Puskesmas ataupun rumah sakit saja, Mungkin yang tidak berobat juga ada," sambungnya.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sebaran penyakit ini menurun, dimana pada tahun lalu terdapat 44 kasus DBD.

"Jika dibandingkan tahun lalu memang menurun," kata Kadis Kesehatan Kabupaten Merangin Abdaei.

Adapun jumlah kasus pada tahu lalu sebagai berikut. Januari sebanyak 44 kasus, Februari 38 kasus, Maret 29 kasus, April 9 kasus, Mei 8 kasus, Juni 4 kasus, Juli 3 kasus, Agustus 1 kasus, September 3 kasus, Oktober 11 kasus, November 13 kasus, Desember 10 kasus.

Meski menurun, namun pihaknya meminta kepada masyarakat agar tetap waspada dan hati-hati sebab musim hujan diperkirakan masih terus berlangsung hingga beberapa bulan ke depan.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments