Senin, 17 Februari 2020

Siswa SMPIT Muthmainnah Diajarkan Berdemokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIS


Senin, 10 Februari 2020 | 21:28:12 WIB


Pemasangan selempang kepada ketua OSIS terpilih SMPIT Muthmainnah Jambi
Pemasangan selempang kepada ketua OSIS terpilih SMPIT Muthmainnah Jambi / metrojambi.com

JAMBI - Dalam rangka menumbuhkan dan memberikan pengalaman sikap demokrasi pada siswa, SMPIT Muthmainnah Kota Jambi melakukan pemilihan ketua OSIS.

Kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah tersebut untuk memberikan pengetahuan sejak diri tentang tata cara pemilihan umum (pemilu) kepada siswa.

Pembina OSIS SMPIT Muthmainnah, Zulfi Dhani Mardewita mengatakan, pemilihan Ketua OSIS tersebut memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada siswa realita yang ada saat pemilu dilakukan.

"Kita memberikan pengalaman serta pembelajaran kepada siswa, seperti inilah pemilihan umum yang dilakukan saat ada demokrasi di kehidupan bermasyarakat," ujarnya, Senin (10/02/2020).

Dijelaskannya, demokrasi di pendidikan juga disertakan melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Ia mengatakan, pemungutan suara tersebut diikuti oleh suara seluruh siswa SMPIT Muthmainnah. "Suara dari kelas VII hingga IX," jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa tahapan sebelum pemilihan Ketua OSIS dilakukan, diantaranya melakukan penjaringan calon serta penyampaian visi dan misinya hingga didapat kandidat dengan suara terbanyak.

Sementara Kepala SMPIT Muthmainnah Kota Jambi, Nuraini menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pembelajaran dan pengalaman kepada siswa.

"Melalui pemilihan seperti ini, maka secara tidak langsung siswa sudah terlibat pesta demokrasi di tingkat sekolah," ujarnya.

Dikatakannya lagi, dengan pemilihan seperti ini diharapkan siswa bisa memahami kegiatan demokrasi. "Ketua Osisnya dari kelas VIII, wakilnya dari kelas VII. Kelas IX tidak dilibatkan lagi, mereka diharapkan fokus menghadapi UN," ungkap Nuraini.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments