Minggu, 5 April 2020

55.829 Siswa SMA Sederajat Hingga Paket C Akan Ikuti UNBK


Senin, 10 Februari 2020 | 11:44:54 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

JAMBI - Sebanyak 55.829 siswa SMA/SMK/MA/Paket C akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Provinsi Jambi tahun 2020 ini. UNBK nantinya akan dimulai pada 16 Maret hingga 7 April mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan, UNBK akan diawali untuk SMK pada 16 hingga 19 Maret.

"Selanjutnya baru SMA/MA pada 30 Maret hingga 2 April. Barulah paket C pada 4 hingga 7 April," ujarnya, Senin (10/2/2020).

Untuk pelaksanaan UNBK di SMA sederajat ini, Varial menyebut akan diikuti sekitar 725 sekolah. "Semua sudah 100 persen UNBK seperti tahun lalu untuk SMA sederajat, tak pakai UNKP," kata Varial.

Ditanya apakah semua Sekolah sudah melakukan UNBK secara mandiri, Varial mengatakan memang ada yang masih menumpang di Sekolah lain.

"Karena ini berkaitan dengan jaringan internet. Ada daerah yang tak dapat sinyalnya, ada juga yang menumpang di SMP atau Kecamatan juga pelaksanaan UNBK ini," ujarnya.

Varial juga menyampaikan bahwa untuk mata ujian yang di UNBK kan tahun ini masih sama seperti tahun lalu. Seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris serta satu mata ujian yang disesuaikan dengan penjurusan.

Sedangkan jika ditotal untuk yang difasilitasi Disdik Provinsi Jambi Varial menyebut SMP sederajat juga difasilitasi pihaknya.

"Untuk SMP/MTS/Paket B serta SMPLB dan SMALB juga kita data namun untuk SMP sederajat ini masih ada yang gunakan UNKP, jadi kalau untuk keseluruhan digabungkan dengan itu peserta UN 118.007 peserta," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments