Minggu, 7 Juni 2020

Penerimaan CPNS Pemprov Jambi 2020 Masih Tahap Penyusunan Formasi


Selasa, 11 Februari 2020 | 11:44:39 WIB


Plt BKD Provinsi Jambi Pahari
Plt BKD Provinsi Jambi Pahari / istimewa

JAMBI - Tahapan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kabupaten/kota di Provinsi Jambi tahun 2019/2020 sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu. Saat ini, tinggal menunggu jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Namun lain halnya di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sendiri, pasalnya tahun ini baru akan menjadwalkan pembukaan CPNS tersebut. Bahkan tahap awal masih dalam proses menyusun formasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Pahari saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sesuai dengan surat Menpan-RB, saat ini diminta untuk menyusun formasi.

"Kita baru menyusun kebutuhan dulu," ujarnya, Selasa (11/2/2020).

Sedangkan untuk berapa jumlah formasi dan kuotanya sendiri, Pahari mengaku belum bisa ditentukan. Menurutnya tergantung dari jumlah pegawai yang akan pensiun.

"Belum ada, itu kewenangan Menpan. Dari BKD kita ajukan nantinya sesuai kebutuhan dari tiap OPD, karena datanya masih jalan dan baru mulai," katanya.

Ditanyakan kapan dimulai pelaksanaannya tersebut, Pahari mengatakan jika berdasarkan jadwal semula dilakukan pada Juni hingga Agustus 2020 mendatang. "Itu baru rencananya (pembukaan,red), surat resminya belum ada," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, saat M Dianto masih menjabat sebagai Sekda Provinsi Jambi beberapa bulan lalu, dirinya mengatakan ditundanya CPNS 2019 lalu dikarenakan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) jumlah pegawai yang dibutuhkam belum terbaca di Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat.

"Kendalanya itu pemerintah pusat berpedoman dengan zero grup. Berapa jumlah pegawai dan sudah pensiun, sehingga yang kita ajukan belum terbaca dan akhirnya ditunda di 2020," kata Dianto saat itu.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments