Minggu, 29 Maret 2020

SMAN 5 Kota Jambi Berharap UNBK 2020 Tidak Ada Kendala


Selasa, 11 Februari 2020 | 22:24:54 WIB


Sudarmono
Sudarmono / metrojambi.com

JAMBI - Ujian Nasional (UN) bagi pelajar SMA/SMK Negeri sederajat akan dilaksanakan dalam beberapa pekan lagi. Di Jambi sendiri, UN SMA/SMK Negeri sederajat akan dilaksanakan berbasis komputer atau UNBK.

Kabid SMA Disdik Provinsi Jambi, Misrialdi menyebutkan, untuk semua SMA Negeri di Jambi ditargetkan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer.

Seperti halnya di SMAN 5 Kota Jambi, sejak beberapa tahun lalu sudah melaksanakan UN berbasis komputer, begitupula ujian nasional tahun ini.

Wakil Kepala SMAN 5 Bidang Kurikulum, Sudarmono mengatakan, persiapan untuk menghadapi UN sudah matang, termasuk menyiapkan mental siswa.

"Sudah kita persiapakan semua, semoga lancar hingga UN terlaksana," ujarnya, Selasa (11/02/2020).

Menurutnya, UN berbasis komputer tentunya membutuhkan komputer yang banyak. Apalagi peserta ujian nasional dari SMAN 5 Kota Jambi, untuk tahun ini jumlahnya mencapai 324 siswa.

Untuk menyiasati kebutuhan komputer tersebut, pihak sekolah menghimbau siswanya mengumpulkan laptop untuk dipakai saat UN mendatang.

"Mau gimana lagi, komputer di sekolah jumlahnya minim, tidak mungkin sekolah memfasilitasi komputer sebanyak jumlah siswa," ungkap Sudarmono.

Dikatakannya, tidak sedikit orang tua siswa meminjamkan laptop untuk UN anaknya ke sekolah. "Tapi saya kurang setuju dengan kata meminjam, pihak sekolah hanya membantu agar tercipta UN yang sukses, aman, damai dan tenang. Intinya siswa mengumpulkan laptop untuk kepentingan siswa sendiri," katanya.

"Komputer sekolah tidak sebanyak jumlah siswa, di kuatirkan akan membuat kegaduhan saat UN terlaksana. Sekolah mendapat bantuan komputer setahun hanya 20 unit, sedangan jumlah siswa ratusan. Jadi belum cukup," jelasnya.

Walaupun demikian, Sudarmono sangat berharap UNBK 2020 di SMAN 5 Kota Jambi pelaksanaannya lancar tidak ada kendala yang berarti dan siswa lulus 100 persen.

"Semoga UN 2020 di SMAN 5 Kota Jambi pelaksanaannya lancar tidak ada kendala yang berarti dan siswa lulus 100 persen. "Semoga UN 2020 di SMAN 5 Kota Jambi sukses," pungkasnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments