Senin, 17 Februari 2020

Pemkot Jambi Percepat Pelayanan Publik

Urus Administrasi Tak Perlu Kekantor, Bisa Pakai Android

Selasa, 11 Februari 2020 | 14:35:02 WIB


Wawako Maulana ketika lauching aplikasi Sipadek dan Sipaten di ruang pola kantor Walikota Jambi
Wawako Maulana ketika lauching aplikasi Sipadek dan Sipaten di ruang pola kantor Walikota Jambi / Amril Hidayat/ Metrojambi.com

JAMBI- Pemerintah terus berinovasi untuk mempercepat pelayanan publik seiring berkembangnya teknologi. Seperti yang dilakukan di Kota Jambi. Pemkot Jambi baru saja melaunching dua aplikasi yang berbasis android untuk pelayanan pengurusan administrasi bagi warganya.

Aplikasi itu diberi nama Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Terpadu Perkantoran (SIPADEK) dan Sistem Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan dan Kelurahan (SIPATEN).

"Warga yang sudah punya rekaman e-KTP dan punya android bisa mengakses aplikasi ini," kata Wakil Walikota Jambi, Maulana saat melaunching aplikasi tersebut di ruang Pola Kantor Walikota Jambi, Selasa (11/2).

Kata dia, dua aplikasi yang dilaunching tersebut diharapakan dapat mewujudkan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, transparan, efektif dan efisien. Selain itu tujuannya adalah untuk melakukan perubahan dari metode konvensional beralih menuju teknologi.

"Mempersingkat pekerjaan dan menghemat waktu bagi pelayanan administrasi pelayanan di Perkantoran, Kelurahan maupun di Kecamatan. Ini juga bisa meminimalisir praktek-praktek pungli dalam kepengurusan dokumen," katanya.

Maulana juga menyampaikan, untuk kemudahkan masyarakat dalam mengurus surat keterangan, surat pernyataan dan lain sebagainya. Ketika semua persyaratan sudah di upload dan lengkap maka pemerintah wajib mengeluarkan surat tersebut.

"Cukup dari dirumah saja, persyaratannya di upload nanti akan diverifikasi oleh Kelurahan dan Kecamatan kemudian suratnya akan dikirim melalui Pdf, selanjutnya masyarakat bisa print out sendiri dirumah masing-masing. Tanda tangannya sudah dalam bentuk digital. Jadi tak perlu lagi datang ke kantor lurah atau camat,"jelasnya.

Maulana berharap, dengan hadirnya aplikasi ini, diharapkan dapat mengubah pola masyarakat menggunakan akses pelayanan di Kota Jambi. Di era tekhnologi, memungkinkan pekerjaan tersebut bisa dilakukan dimanapun tanpa alasan.

“Ini juga dalam rangka banyaknya laporan, terkadang warga datang ke kelurahan atau kecamatan, pejabatnya sedang cuti atau tidak ada di tempat. Dengan aplikasi ini camat atau lurah bisa tanda tangan dimanapun, jadi proses pelayanan administrasi bisa terus jalan,” ujarnya.

Maulana mengatakan aplikasi yang telah dibuat ini jangan sampai tidak dioptimalkan penggunaannya. Pemerintah akan memberikan pelatihan cara pemanfaatannya bagi ASN ditingkat kelurahan ataupun kecamatan.

“Jangan lagi pakai pola lama (manual,red). Kita harus mulai berubah, sebab, semua kantor lurah dan camat sudah ada jaringan internet semua,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, Nirwan mengatakan bahwa aplikasi SIPADEK memuat berbagai fitur diantaranya adalah manajemen surat masuk dan keluar, disposisi surat digital, dan multiuser, arsip digital, korensponden dan ekspedisi surat, pengendalian surat masuk dan keluar, fitur pencarian surat, paraf dan tanda tangan digital, QR code pada produk surat, pemberitahuan melaui SMS gateway dan notifikasi aplikasi, kode pengamanan akun dan memo melalui suara dan coretan digital.

Sementara itu, untuk aplikasi SI-PATEN (Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Terpadu di Kelurahan dan Kecamatan) memberikan layanan administrasi persuratan umum dan kemudahan bagi masyarakat di Kelurahan dan Kecamatan dalam memberikan layanan administrasi persuratan umum dan kemudahan bagi masyarakat di Kelurahan dan Kecamatan dalam Kota Jambi. SIPATEN dapat dioperasikan melalui WEB, perangkat Mobile Android dengan memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Kata Nirwan, SIPATEN memuat fitur layanan Pengajuan surat administrasi umum kemasyarakatan secara mobile, Proses penyelesaian surat dilaksanakan secara digital, Arsip surat digital, Masyarakat bisa memantau langsung proses penyelesaian surat secara mobile, Masyarakat bisa cetak sendiri surat yang telah ditandatangani, Fitur Pencarian Surat, Paraf dan Tanda tangan ber sertifikat elektronik, QR Code pada Produk Surat, Pemberitahuan melaui sms Gateway dan Notifikasi Aplikasi. (amh)


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments