Rabu, 1 April 2020

MPW PP Provinsi Jambi Minta Penegakan Hukum Terkait Karhutla Tak Pandang Bulu


Jumat, 16 Agustus 2019 | 14:16:28 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Provinsi Jambi menyatakan sikap membantu penegakan hukum terkait penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi dalam kurun waktu hampir 40 hari belakangan.

Plt Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi Adri.SH, MH mengatakan Karhutla sampai detik ini sudah sangat luar biasa. Meskipun kondisi ISPU masih dalam kategori sedang, namun perlunya penegakan hukum.

"Penegakan hukum ini tidak pandang bulu. Kita minta kepada aparat penegak hukum untuk melakukan penegakan hukum yang harus disikapi serius oleh kepala daerah dalam hal ini Gubernur Jambi Fachrori Umar dan Stacholder lainnya," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (15/8/2019).

Adri menyebut, pencegahan dan penanganan Karhutla ini sebagaimana instruksi dari Presiden RI langsung. Dimana anggaran yang digelontorkan dari pemerintah pusat itu tidak sedikit yakni Rp 200 miliar dan khususnya di Jambi itu menggelontorkan dana APBD sebesar Rp 24 Miliar.

MPW PP juga menyatakan siap membantu Polda Jambi, Danrem 042/Gapu bersama untuk menanggulangi dan penanganan karhutla, karena ini menyangkut hajat masyarakat banyak dan jangan sampai kabut asap kembali terjadi.

"Kita minta Polda Jambi untuk melakukan penegakan hukum, baik kepada masyarakat yang melakukan pembakaran, dan terlebih kepada perusahaan perusahaan jika melanggar," tegasnya.

MPW PP Jambi siap mengerahkan seluruh MPC PP kabupaten kota se provinsi Jambi untuk turut membantu tim karhutla TNI/Polri dan masyarakat dalam melakukan pencegahan kebakaran dengan mensosialisasikan jangan membakar hutan. "Semoga ini menjadi perhatian bagi kita semua," harap Adri.

Selanjutnya, Adri mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan audiesi kepada Polda dan Gubernur Jambi. "Surat sudah kita sampaikan, nanti akan menggelar audiensi," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments