Selasa, 7 April 2020

UIN STS Jambi Jalin Kerjasama dengan Universitas Singapura


Selasa, 11 Februari 2020 | 22:48:03 WIB


UIN STS Jambi Jalin Kerjasama dengan Universitas Singapura
UIN STS Jambi Jalin Kerjasama dengan Universitas Singapura / Nita/metrojambi.com

JAMBI – Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi terus Dilakukan. Seperti meningkatkan kualitas dosen yang ada.

Guna meningkatkan kemampuan para dosen, rektor UIN STS Jambi yang baru beberapa bulan menjabat, Prof. Dr. H. Su'aidi Asy'ari, melakukan kerjasama dengan kampus dari luar negeri.

Kerjasama ini digelar usai kegiatan Dialogue Forum bersama Menteri Senior Negara di Kementrian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Singapura, Dr. Mohamad Maliki Usman.

Tujuan kegiatan tersebut untuk menjaga hubungan erat antara Indonesia khususnya Jambi dan Singapura. Melalui kerjasama ini juga menunjukkan hubungan antara Singapura dan Indonesia tidak berhenti dalam hal pemerintah pusat saja.

Su'aidi mengatakan, ada tiga program yang akan dilakukan setelah kegiatan ini, salah satunya untuk pendidikan dosen. "Kita siapkan 30 persen alumni UIN untuk dapat beasiswa ke luar negeri dengan harapan setelah kembali bisa membangun UIN," ujarnya, Selasa (11/02/2020).

Selain itu, program meningkatkan kualitas dari Magister dan Doktor dalam hal peningkatan bahasa asing. Sebab, salah satu cara agar terpilih mendapatkan beasiswa ke luar negeri adalah dengan meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Program terakhir, Su'aidi menargetkan ada 50 profesor di tahun ini. "Yang terpikir oleh saya adalah bagaimana agar dosen S3 bisa mendapat bimbingan dosen di luar negeri khususnya Malaysia dan Singapura. Dengan kerjasama lintas negara, diharapakan bisa lebih cepat tercapai," katanya.

Su'aidi berharap dengan kegiatan ini, UIN STS Jambi bisa menjalin dan memiliki peluang untuk berkerja sama dengan universitas yang ada di Singapura. "Agar bisa cepat mewujudkan program-program yang telah direncanakan," harapnya.

Dalam waktu dekat, Su'aidi akan membawa peneliti dan Dosen UIN STS Jambi untuk berkunjung ke sejumlah perguruan tinggi yang ada di Singapura.

"Setelah itu kita akan mengundang mereka ke UIN STS Jambi untuk melihat bagian mana yang paling cepat untuk dilakukan kerjasama," katanya lagi.

Sementara itu, Menteri Senior Negara di Kementrian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Singapura, Dr Mohamad Maliki Usman mengaku bangga melihat peserta berdiskusi tentang isu-isu di forum ini. Serta bangga dengan prestasi mahasiswa UIN STS Jambi.

Dia juga mengatakan, akan melakukan hubungan yang lebih erat lagi dengan UIN STS Jambi. "Pintu sudah terbuka lebar untuk UIN STS Jambi melakukan kerjasama dengan universitas yang ada di Singapura," ujarnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments