Kamis, 27 Februari 2020

Hama Orong-orong Serang Padi di Sungai Kepayang Tanjabbar


Kamis, 13 Februari 2020 | 08:46:44 WIB


Tanaman pagi milik petani di Desa Sungai Kepayang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjabbar diserang hama orong-orong
Tanaman pagi milik petani di Desa Sungai Kepayang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjabbar diserang hama orong-orong / metrojambi.com

 KUALATUNGKAL - Baru ditanam beberapa hari,  tanaman pagi di Desa Sungai Kepayang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), diserang hama orong-orong.

Permukaan lahan pertanian yany cukup kering karena tidak turunnya hujan, membuat hama ini menyerang padi yang baru saja ditanam.

"Akibat serangan hama ini, sebagian padi yang baru ditanam petani gagal tumbuh," ujar Kepala Desa Sungai Kepayang, Taufik, Kamis (13/2/2020).

"Permukaan lahan pertanian yang cukup kering membuat hama ini leluasa menyerang padi saat petani lengah," kata Taufik menambahkan.

Lebih lanjut Taufik mengatakan, jika serangan hama orong-orong ini dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi gagal panen. "Apalagi orong-orong ini dia menyerang ketika musim kemarau," sebut Taufik.

Ia pun berharap hujan segera turun, sehingga areal persawahan biasa dialiri air, sehingga oroong orong tidak akan bisa lagi merusak padi.

"Serangan hama orong-orong akan berkurang dengan sendirinya bila areal persawahan digenangi air yang cukup, karena orong-orong tidak bisa hidup di genangan air," pungkasnya.


Penulis: cr4
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments