Senin, 13 Juli 2020

Fachrori Dorong Perbankan Perbanyak Penyaluran KUR Guna Peningkatan Perekonomian Masyarakat


Kamis, 13 Februari 2020 | 11:20:51 WIB


Gubernur Jambi, H Fachrori Umar Kepala OJK Jambi Endang Nuryadin dan Anggota DPR RI Hasbi Ansori saat menghadiri acara Urgensi dan Efektifitas Penyaluran KUR untuk UMKM.
Gubernur Jambi, H Fachrori Umar Kepala OJK Jambi Endang Nuryadin dan Anggota DPR RI Hasbi Ansori saat menghadiri acara Urgensi dan Efektifitas Penyaluran KUR untuk UMKM. / Humas Provinsi Jambi

JAMBI - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, mengharapkan lembaga keuangan atau perbankan mampu memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Jambi. Ini disampaikannya saat menghadiri acara Urgensi dan Efektifitas Penyaluran KUR untuk UMKM di Rumah Kito Resort, Kamis (13/2/2020).

"Semua pihak untuk melakukan langkah-langkah pro aktif dalam memfasilitasi KUR kepada UKM," imbau Fachrori.

Penyaluran KUR, jelas Fachrori, juga diharapkan dapat dipergunakan secara optimal guna peningkatan usaha masyarakat. "Kepada pelaku UKM agar dapat menggunakan serta memanfaatkan dana KUR sesuai tujuan-tujuan usahanya," ujarnya.

Selain itu, Fachrori juga berharap OJK untuk lebih banyak lagi mendorong perbankan memberikan pelayanan kredit usaha rakyat. "KUR merupakan kredit pembiayaan modal kerja atau investasi kepada individu badan usaha atau kelompok usaha yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup," tuturnya.

Fachrori menjelaskan, tujuan penyaluran KUR untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan badan usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro kecil dan menengah dan juga terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

"Efektivitas program KUR bisa dilihat besarnya alokasi  penyaluran kredit dan sangat bergantung distribusi pengalokasiannya baik untuk sektor ekonomi maupun penerimanya," sampainya.

Sedangkan peningkatan pendapatan UKM melalui program KUR diharapkan mampu memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pelaku UKM yang aksesnya terhadap sumber permodalan  masih minim pendampingan institusi teknis terkait serta lemahnya kualitas sumberdaya manusia pelaku UKM khususnya dalam penerapan teknologi tepat guna.

"Saya harap agar kita dapat memberdayakan pelaku UKM dan memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi," ujar Gubernur Jambi.

Sebelumnya Anggota DPR RI, Hasbi Ansori,SE,MM, menyampaikan ada 54123 titik KUR  yang sudah tersalurkan untuk pelaku usaha di Provinsi Jambi. "Dapat diasumsikan ada seratus ribu lebih orang yang berpenghidupan dari penyaluran KUR," katanya.

Acara ini turut dihadiri oleh para pelaku usaha termasuk kaum muda yang aktif mengembangkan potensi dalam dunia wirausaha.

Sebagai penutup, Fachrori menanam kopi liberika tungkal komposit di Lahan Edukasi Kebun Kopi Kito didampingi kepala OJK Jambi serta pejabat di Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. 


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Humas Provinsi Jambi


comments