Minggu, 5 April 2020

Festival Pesona Lesung Senaung Direspon Positif Pemprov dan Kementrian

Bupati Masnah Ajak Terus Gali Budaya Daerah

Senin, 23 Desember 2019 | 15:21:43 WIB


Festival Pesona Lesung Senaung
Festival Pesona Lesung Senaung / istimewa

SENGETI- Festival Pesona Lesung Senaung yang diselenggarakan oleh kelompok seni Serempak Maro Desa Senaung Kecamatan Jaluko Kabupaten Muarojambi mendapat respon positif Pemprov Jambi dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dedi Daim, Ketua komunitas seni Serempak Maro Desa Senaung mengatakan, kegiatan merupakan kecintaan pemuda dan masyarakat Desa Senaung terhadap kebudayaan lama yang menjadi pondasi untuk berpikiran maju

"Kegiatan ini adalah upaya mengingatkan kembali kesenian lesung, karena adanya rasa rindu dengan suara atau gerakan yang dihasilkan lesung yang menjadi kegiatan masyarakat dulu seperti membuat padi menjadi beras dan membuat kue," sampainya.

Ema Plt Kadis Buddpar Provinsi Jambi, mengatakan, kegiatan Pesona Lesung Senaung tentu sangat baik untuk meningkat gairah kebudayaan lama yang akan hilang kalau tidak dilestarikan. "Fesival ini merupakan kebudayaan tak benda keseharian yang menjadi kegiatan sehari-sehari, tentu mengingatkan kembali kenangan masyarakat dulu," sampainya.

Ema menyarankan, kepada pemerintahan Kabupaten Muarojambi, untuk lebih meningkatkan perhatian terhadap kebudayaan seperti ini, karena dampak sangat bagus terhadap identitas dan perekonomian masyarakat Muarojambi umumnya.

Ema juga berharap Pemda Muarojambi untuk terus menggali kebudayaan lama tentu akan menjadi kekayaan kebudayaan terhadap generasi akan datang.
Karena katanya Indonesia tak lepas dari kebudayaan lama. "Pemerintah tetap peduli terhadap kebudayaan," jelasnya.

Dilain pihak, Direktorat Jendral kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Puspita Dewa, menyampaikan, Festival ini contoh baik untuk generasi milenial untuk memajukan Indonesia dengan peduli terhadap tinggalan kebudayaan lama.
"Milenial bisa berpikiran maju dengan tidak melupakan budaya lama

"mengangkat tradisi,membina kebudayaan tentu memajukan bangsa. serta juga dapat memajukan perekonomian masyarakat," terangnya.

Dia menyampaikan, Pemerintah sangat mendorong dan memfasilitasi kegiatan seperti ini, oleh karena itu, ditahun-tahun akan datang kegiatan seperti ini untuk lebih ditingkatkan lagi." Karena festival ini kementrian akan menjadi kalender Of event," sampainya.


Bupati Muarojambi, Masnah Busyro, secara resmi membuka festival Pesona Lesung Senaung berterimakasih kepada Dinas Kebudayaan dan Parawisata dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI atas suport terhadap kegiatan kebudayaan ini.

Bupati juga berharap kepeda Komunitas Serempak Maro Desa Senaung, untuk lebih menggali budaya-budaya lama di Desa Senaung.
"Saya harap kepada komunitas Serempak Maro untuk lebih banyak menggali budaya lamo kito, agar budaya kito tak habis oleh waktu dan tak lekang oleh zaman," pintanya.

dalam tiga tahun kegiatan festival pesona Lesung Senaung ini, Kata Bupati, kali ini yang termeriah karena dibantu oleh pemerintah provinsi dan kementrian.

"Kedepan kito festival akan lebih ditingkat kan lagi. seharus ado festival buat jodah (Kuliner) Desa Senaung yang harus diangkat, seperti kue kelepon, pais pisang dan pais ubi," terangnya.

Bupati menambahkan, Desa Senaung masih memiliki banguan tua ( Rumah tua adat jambi), karena Desa Senaung merupakan yang paling tua di kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muarojambi. " bangun tua itu bisa menjadi cagar budaya," katanya.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments