Senin, 30 Maret 2020

Kuota Mahasiswa Baru Unja Capai 7.500 Orang


Senin, 03 Februari 2020 | 21:33:49 WIB


Daya tampung mahasiswa baru di Universitas Jambi setiap tahunnya mencapai 7.500 orang
Daya tampung mahasiswa baru di Universitas Jambi setiap tahunnya mencapai 7.500 orang / metrojambi.com

JAMBI - Universitas Jambi (Unja) saat ini memiliki daya tampung atau kuota calon mahasiswa baru sebanyak 7.500 orang per tahun. Ribuan calon mahasiswa baru itu bisa mengikuti penerimaah melalui beberapa jalur pendaftaran.

Tahun ini proses penjaringan dan seleksi tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk penerimaan mahasiswa baru terbagi atas dua bagian yaitu, penerimaan mahasiswa baru jalur nasional dan jalur mandiri.

Humas Unja Akbar Kurnia Putra mengatakan, untuk jalur nasional, Unja membuka pendaftaran melalui SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, dan UMB-PT.

"Lebih lengkapnya bisa di cek di web resminya Unja," ujarnya.

Selain itu, untuk jalur mandiri Unja sendiri membuka pendaftaran melalui jalu SLM Unja, SMMPTN Barat, dan Program Pasca Sarjana Unja. "Untuk SLM itu tesnya bentuk tertulis," ungkap Akbar.

Dikatakannya, masing-masing peserta yang mendaftar di wilayah barat, bisa memilih dua kampus. “Itu kelebihan jika mendaftar dari SMMPTN Barat,” jelasnya.

Pembagian dari kuota tersebut, 30 persen dari SNMPTN, 40 persen untuk SBMPTN, sisanya untuk kuota jalur pendaftaran mandiri.

Akbar menyebutkan, jika kuota pendaftaran tidak terisi penuh, pihak kampus tidak akan menyisipkan kursi dan tetap mengosongkan kursi.

"Misalnya kuota untuk SNMPTN 100 kursi, yang daftar hanya 50 kursi, itu kita isi untuk kuota SBMPTN. Jika SBMPTN tidak memenuhi kuota, kita isi untuk jalur mandiri. Tapi, jika memang tidak ada lagi memenuhi kuota, ya udah gak apa-apa kita jalan aja," ungkapnya.

"Kuota kita pertahun sekitar 7.500 mahasiswa, tidak kita lebih-lebihkan, jika tidak memenuhi segitu tidak apa-apa," ujarnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments