Kamis, 27 Februari 2020

Siswa SMA TT Babeko akan Dialihkan ke RSBI


Jumat, 14 Februari 2020 | 11:00:02 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Pembangunan gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Titian Teras (TT) Babeko, kabupaten Bungo, diperkirakan tak bisa selesai pada tahun ajaran baru 2020 mendatang.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi selaku pelaksana pembangunan, merekomendasikan agar siswa baru SMA TT Babeko nantinya ditampung di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Pondok Meja.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi Varial Adhi Putera mengatakan, pihaknya belum mengecek kelayakan lokasi baru ini. Varial juga mengatakan dirinya baru mendapatkan informasi tersebut dari Dinas PUPR Provinsi Jambi.

"Karena bangunan belum selesai, baru proses lelang tender dan statemen kadis PUPR, tidak akan selesai pada Juli mendatang. Jadi kita coba laksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di RSBI," ujarnya, Jumat (14/2/2020).

Untuk pengecekan sendiri, Varial menyebut pihaknya akan terlebih dahulu mengecek ke RSBI. Ini karena diakuinya belum tahu kondisi tempat dan kelayakan KBM disana.

"Kita akan mengecek kesana apakah memang layak siswa baru ditempatkan disana. Tapi dari rekomendasi Dinas PUPR seperti RSBI sudah bisa digunakan untuk penampungan sementara siswa baru TT Babeko," katanya.

Alasan pemindahan ke RSBI, disampaikan Varial bahwa di SMAN TT Haji Abdoerrahman Sayoeti Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi, tidak bisa menampung siswa lagi.

"Karena ruang kelas terlampau padat, dan sebelumnya juga telah tampung kelas X SMA TT Babeko di situ," jelasnya.

Sementara untuk penerimaan siswa baru di SMA TT Babeko sendiri, Varial mengatakan sama dengan SMA TT Pijoan. "Untuk rekrutmennya melalui tes ujian Computer Assisted Tested (CAT) murni, khusus SMA TT tak pakai jalur Zonasi dan lainnya seperti sekolah lain," terangnya.

Untuk RSBI sendiri saat ini ditempati oleh Universitas Jambi untuk Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian, Teknik Sipil, dan Teknis Industri Unja yang menampung 2.500 mahasiswa.

Sebelumnya Pemprov juga menyebut tak memperpanjang gedung yang sebelumnya di pinjam pakaikan ke Unja ini, untuk nantinya dibuat sekolah unggulan.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi M Fauzi mengatakan, SMA TT Bebeko ini akan mulai dibangun pada 2020, karena anggarannya diusulkan pada tahun 2019 lalu.

"Ada 28 miliar yang akan dibangun PUPR. Meliputi rehab berat pembangunan infrastruktur, seperti ruang kelas," ujarnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments