Senin, 17 Februari 2020

Amankan Minyak Ilegal di Rimbo Bujang, Polres Tebo Tetapkan Dua Tersangka


Jumat, 14 Februari 2020 | 19:43:42 WIB


Barang bukti minyak yang diamankan Polres Tebo dari wilayah Rimbo Bujang
Barang bukti minyak yang diamankan Polres Tebo dari wilayah Rimbo Bujang / metrojambi.com

 MUARATEBO - Aparat kepolisian dari Polres Tebo sekira pukul 14.30 WIB, Jumat (14/2/2020), mengamankan Bahan Bakar Minyak (BBM) diduga illegal di kawasan jalan 12 poros Unit 5 Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

KBO Reskrim Polres Tebo Ipda Srianto mengatakan, minyak yang diduga ilegal tersebut mereka amankan setelah sebelumnya diperoleh laporan dari masyarakat. Srianto menyebutkan, masyarakat melaporkan jika di wilayah Rimbo Bujang ada peredaran minyak ilegal.

"Yang kami amankan minyak jenis premium dan solar kurang lebih satu setengah ton, minyak Bayat kurang lebih tiga setengah ton, serta minyak tanah kurang lebih tiga drum atau sekitar enam ratus liter," beber Srianto.

Selain barang bukti minyak, Srianto mengatakan pihaknya juga mengamankan dua orang tersangka, yakni pemilik gudang minyak dan orang yang bertugas mengantarkannya.

"Untuk sementara tersangka yang telah kita amankan ada dua orang yaitu, pemilik gudang dan pengantar minyak," ujar Srianto.

Dari hasil pemeriksaan awal, lanjut Srianto, tersangka mengaku mendapatkan minyak jenis premium dan solar dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di wilayah Kabupaten Bungo.

Kemudian lanjut Srianto, minyak dari SPBU tersebut dibawa ke Rimbo Bujang untuk dioplos dengan minyak dari Bayat.

"Tersangka tadi juga menunjukkan tempat pengolahan minyak oplosan tersebut, yaitu gudang di sebelah tempat ditemukan minyak itu," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, jika terbukti bersalah, tersangka akan dijerat dengan pasal 55 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi.

"Ancaman hukumannya emam tahun penjara," sebut Srianto.


Penulis: cr3
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments