Sabtu, 28 Maret 2020

17 Tokoh Sudah Diberi Gala Sangsako Oleh Istano Basa Pagaruyung, Dua Diantaranya Tokoh Jambi


Kamis, 16 Januari 2020 | 09:12:59 WIB


Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung / istimewa

BATUSANGKA - Sebanyak 17 tokoh nasional, negeri jiran, dan tokoh Minangkabau telah menerima "gala sangsako" yang diberikan oleh pewaris Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, dan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau Sumatera Barat.

Gala sangsako merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa atau berprestasi yang mengharumkan Minangkabau, baik dari segi agama, bangsa dan negara yang bermanfaat bagi warga Minangkabau, jelas Kepala Bidang Pariwisata Tanah Datar Efrison di Batusangkar, Rabu.

Atas partisipasi tersebut, imbuhnya Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) maupun pewaris kerajaan Pagaruyung memberikan penghargaan kehormatan kepada mereka.

Berdasarkan data yang didapat antara dari Dinas Pariwisata setempat, yang sudah dibukukan dalam buku berjudul "Istano Basa Pagaruyung" berikut sejumlah tokoh dari negara tetangga Malaysia, tokoh Jambi dan tokoh nasional yang pernah diberikan gala sangsako di Istano Basa Pagaruyung.

1. Jenderal Amir Mahmud, Panji Marawa Basa, Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri RI), yang Dilaksanakan pada 1974.
2. DYMM Tuanku Ja'far Ibnu Tuanku Abdurahman, Perkasa Alam Johan Berdaulat merupakan yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan-Malaysia yang dilaksanakan pada 1985.
3. Tan Seri Datuk Samad Idris Tan Patih Johan Pahlawan, Mantan Menteri Kebudayaan, Belia dan Sukan Malaysia yang dilaksanakan pada 1986.
4. Sri Sultan Hamengkubuwono X Yang Dipertuan Maharajo Alam Sati yang dilaksanakan pada 2002.
5. Megawati Soekarno Putri, yang diberi gelar Puti Reno Nilam, sewaktu ia menjabat sebagai Presiden RI pada 2002.
6. Drs H. Zulkifli Nurdin yang Dipertuan Maharajo Doang Sanguano, mantan Gubernur Jambi yang dilaksanakan pada 2003.
7. Ir. H. Alex Nudin dipertuan tuanku datuk sri paduka baginda bupati Banyuasin Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada 2005.
8. Ir. Syahrial Oesman yang dipertuan Tuanku Bagindo Nan Basa Kayo mantan Gubernur Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada 2006.
9. Prof. Dr. H. Anwar Nasution yang dipertuan Tuanku Rajo Pinayungan nan Satu, Ketua BPK RI yang dilaksanakan pada Juli 2006.
10. Soesilo Bambang Yudhoyono Presiden RI ke lima yang dipertuan Maharajo Pemuncak Sari Alam yang dilaksanakan pada September 2006.
11. Hj. Ani Yudhoyono Isteri Presiden RI ke lima yang dipertuan Puan Puti Ambung Sari 2006.
12. Dr. Syamsul Ma'arif Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dipertuan Rajo Maulana Pagar Alam yang dilaksanakan pada Juni 2012.
13. Irman Gusman Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) yang dilaksanakan pada 2015.
14. Dwi Soetjipto Direktur Utama (Dirut) Pertamina yang dilaksanakan pada 2015.
15. Hasan Basri Agus Gubernur Jambi yang dilaksanakan pada 2015.
16. Andi Amran Sulaiman Menteri Pertanian RI yang dilaksanakan pada 2016.
17. Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno Dt Rajo Bandaro Basa, Tuanku Paduko Marajo Basa yang dilaksanakan pada 2016.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments