Rabu, 8 April 2020

Pemkot Kembangkan Kota Seberang Sebagai Pusat Wisata Religi

Ribuan Jamaah Hadiri Haul Pengeran Wirokusumo

Sabtu, 15 Februari 2020 | 11:44:26 WIB


Walikota Jambi, Sy Fasha menghadiri Peringatan Haul Al-Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri bergelar Pangeran Wiro Kusumo dari Kesultanan Jambi yang dipusatkan di Masjid Ihsaniah kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi
Walikota Jambi, Sy Fasha menghadiri Peringatan Haul Al-Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri bergelar Pangeran Wiro Kusumo dari Kesultanan Jambi yang dipusatkan di Masjid Ihsaniah kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi / istimewa

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi terus berkomitmen dalam pelaksanaan pembangunan sesuai dengan perencanaan yang sudah disusun.Salah satunya adalah menjadikan kawasan Kota Seberang Jambi sebagai pusat wisata religi.

Upaya ini dilakukan Pemerintah Kota Jambi dengan kembali menggelar Peringatan Haul Al-Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri bergelar Pangeran Wiro Kusumo dari Kesultanan Jambi yang dipusatkan di Masjid Ihsaniah kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi, Sabtu (15/2).

Peringatan Haul Pangeran Wiro Kusumo tersebut dihadiri ribuan jamaah, tidak hanya dari Kota Jambi, namun peziarah juga berasal dari berbagai daerah baik dalam maupun luar Provinsi Jambi.

Kegiatan yang juga berupa wisata religi itu sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Jambi dimasa kepemimpinan Wali Kota Janbi Syarif Fasha. Kegiatan haul tersebut juga sebagai kegiatan prioritas dalam program pengembangan Seberang Kota Jambi sebagai pusat wisata religi.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam sambutannya mengapresiasi peringatan haul tersebut. Ia mengatakan kegiatan yang di support Pemerintah Kota Jambi itu adalah salah satu wujud pengembangan Jambi Kota Seberang sebagai pusat wisata religi.

"Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Jambi pengembangan Jambi Kota Seberang sebagai pusat wisata religi," ujarnya.

Fasha menambahkan, bahwa potensi Jambi Kota Seberang sangat luar biasa khususnya dari sisi sejarah masuknya Islam. Oleh karenanya ia juga minta kegiatan tersebut menjadi lebih variatif dan menarik.

Pada tahun ini sebut Fasha, kegiatan Haul juga diisi dengan festival Hadrah dan festival kompangan tingkat Kota Jambi.

"Selain bernilai ibadah dan memperkuat ukhuwah, kegiatan ini juga diharapkan menimbulkan multiplayer effect yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat setempat," tambah Fasha.

Fasha juga mengajak jamaah haul untuk dapat meneladani pribadi dan akhlaq shohibul haul (Pangeran Wiro Kusumo-red), yang bukan saja pendakwah namun juga pejuang dari Kesultanan Jambi.

Fasha juga berpesan kepada masyarakat Jambi Kota Seberang, agar terus menguatkan perannya dalam program pemerintah termasuk turut memelihara hasil-hasil pembangunan yang telah dibangun diwilayahnya.

Peringatan haul yang diawali dengan ziarah makam, dzikir dan tahlil itu diisi ceramah agama oleh Habib Salim Bin Umar Alhamid dari Jakarta, juga Habib Abdussalam Bin Alwi Alhinduwan dari Kalimantan Barat.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments