Sabtu, 28 Maret 2020

Badan Kehormatan DPRD Studi Banding ke Jawa Barat


Kamis, 13 Februari 2020 | 11:16:40 WIB


Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jambi saat konsultasi dengan BK DPRD Jawa Barat, Kamis (13/2)
Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jambi saat konsultasi dengan BK DPRD Jawa Barat, Kamis (13/2) / istimewa

JAMBI - Guna menambah wawasan untuk perubahan peraturan dalam berkenaan dengan kiprah dari Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Jambi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai penegak tata tertib dan kode etik DPRD, BK DPRD Provinsi Jambi melaksanakan studi banding ke BK DPRD Provinsi Jawa Barat terkait dengan rencana perubahan peraturan DPRD Provinsi Jambi tentang kode etik dan tata beracara Badan Kehormatan.

Kunjungan Ketua BK DPRD Provinsi Jambi, Anwar Sadat bersama Anggota Abun Yani diterima oleh Ketua BK DPRD Provinsi Jawa Barat, HM. Hasbiallah Rahmad dan anggota Sopyan.

"Kami ingin mempelajari bagaimana BK DPRD Provinsi Jawa Barat menyusun perubahan peraturan," katanya.

Diketahui BK DPRD Provinsi Jawa Barat saat ini sedang menyusun rancangan perubahan kedua peraturan dan dalam tahap kajian oleh tim.

BK DPRD Provinsi Jawa Barat sendiri memiliki motto dalam 5 tahun periode keanggotaan dewan tidak terjadi rapat paripurna yang gagal atau deadlok.

Perubahan terhadap kedua peraturan tersebut diarahkan pada penjelasan lebih rinci, seperti penjelasan terhadap kata menjaga sikap dan perilaku apa dan bagaimana kriterianya.

Di samping itu juga akan dilakukan perubahan pada kalimat sanksi, dimana akan diberikan sanksi apabila anggota dewan tidak hadir pada rapat paripurna tiga.

Selanjutnya juga akan dimasukan pasal yang mengatur pemberian BK Award kepada anggota dewan yang memenuhi kriteria yang dirumuskan dengan jelas dan penilaian dilakukan dengan melibatkan pihak luar dalam hal ini akademisi dan media massa.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments