Selasa, 7 April 2020

Bupati Merangin Minta Dokumen Keuangan Setiap OPD Harus Siap Saat Pemeriksaan BPK


Rabu, 29 Januari 2020 | 11:24:48 WIB


Bupati Merangin, Al Haris saat memberikan pengarahan
Bupati Merangin, Al Haris saat memberikan pengarahan / Humas Merangin

BANGKO - Bupati Merangin H Al Haris, Selasa (28/1/2020), membuka rapat pertemuan bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jambi, di aula utama kantor Bupati Merangin.

Pada acara yang diikuti seluruh kepala Organiasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Merangin itu, hadir utusan dari BPK selaku Ketua Tim Auditor BPK Perwakilan Jambi Candra Sakti dan kawan-kawan.

Dikatakan bupati, dokumen-dokumen keuangan harus disiapkan dengan baik dan rapi agar nanti tim dari BPK lebih mudah untuk memeriksa dan apabila ada pemeriksaan di lapangan harus didampingi.

‘’Kita harus betul-betul menyiapkan dokumen keuangan dengan baik agar nanti teman-teman dri BPK lebih mudah untuk memeriksa. Dan apabila ada pemeriksa lapangan bapak/ibu harus bersedia mendampingi,’’ ujar Bupati.

Pemeriksaan keuangan oleh tim BPK akan berlangsung selama lebih kurang satu bulan, terhitung sejak hari ini.

Dalam rangka pemeriksaan keuangan, tim BPK memeriksa pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2019 dan melihat laporan realisasi anggaran 2019,

Ketua Tim BPK Candra Sakti mengatakan bagi setiap OPD agar menyediakan data yang lengkap demi kelancaran proses pemeriksaan keuangan oleh tim BPK.

‘’Perputaran mutuasi sumber daya manusia, khususnya operator sistem aplikasi dan pembukuan pelaporan juga jangan diabaikan. Tempatkan seseorang pada bidang ilmunya, sehingga apa yang dikerjakan nyambung,’’ terang Candra.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments