Selasa, 14 Juli 2020

2 WNI Positif Corona, Safrial Imbau Masyarakat Tanjabbar Tidak Panik


Kamis, 05 Maret 2020 | 11:01:00 WIB


Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar),  Safrial
Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Safrial / cr4/metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Safrial menghimbau masyarakat agar tidak perlu panik atau khawatir berlebihan dalam menanggapi fakta terkait 2 warga negara Indonesia (WNI) yang positif terjangkit virus Corona atau COVID-19.

Melalui Kepala Dinas Kesehatan Andi Pada, Safrial juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan siaga untuk menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi terkait penyebaran virus yang fenomenal tersebut.

Andi Pada menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, penting bagi masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, Andi Pada juga mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga etika ketika batuk atau bersin.

”Yang paling penting bagaimana kita jaga pola hidup bersih dan sehat, yakni biasakan selalu cuci tangan pakai sabun. Selain itu kita juga harus menjaga daya tahan tubuh dengan memperhatikan nutrisi makanan agar ketahanan tubuh kuat, jika perlu tambah nutrisi dengan minum suplemen maupun vitamin," kata Andi Pada.

“Kalau batuk itu ditutup dan jangan diarahkan ke orang, batuk itu ada etikanya, tutup hidung dan mulut dengan tisu atau kain saat batuk, lebih bagus lagi jika yang batuk menggunakan masker, jadi yang sehat tidak perlu menggunakan masker," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut Andi Pada mengatakan, sampai saat ini pihaknya bersama instasi terkait terus lakukan antisipasi penyebaran Virus Corona di Tanjab Barat.

"Kami dari Dinas Kesehatan bersama instansi terkait seperti KKP dan Polres Tanjab Barat dan instasi lainnya, selalu menjaga pintu masuk di Pelabuhan, setiap kapal yang merapat di Pelabuhan Marina dan Pelabuhan Roro kami dari petugas kesehatan selalu melakukan screening menggunakan thermo scanner," jelasnya.

"Selain melakukan screening di pintu masuk pelabuhan, kami juga sudah melakukan Screening di perusahaan yang ada TKA nya, seperti di perusahaan PetroChina, Alhamdulillah, hingga hari ini di wilayah Kabupaten Tanjabbar tidak ditemukan penderita yang terpapar virus Corona,” tambahnya.

Andi Pada juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera datangi fasilitas kesehatan jika mengalami keluhan penyakit demam tinggi, batuk, dan pilek. "Terutama bagi mereka yang baru pulang dari perjalanan luar negeri," pungkasnya.


Penulis: cr4
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments