Jumat, 7 Agustus 2020

Belum Ada Kejelasan Pemangkasan Birokrasi Lingkup Pemprov Jambi


Selasa, 21 Januari 2020 | 20:41:26 WIB


Otin Supandi
Otin Supandi / metrojambi.com

JAMBI – Kepala Biro (Karo) Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jambi Otin Supandi mengatakan belum ada kejelasan pasti mengenai pemangkasan birokrasi di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Hal ini menyusul setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menerbitkan Peraturan Menteri PANRB No. 28/2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional, Selasa (21/1/2020).

Diakuinya masih banyak pendapat terutama terkait perizinan, investasi dan pelayanan publik. "Menpan memang demikian itu tadi. Tapi kita kiblatnya di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mempertahankan daerah," tuturnya kepada Metro Jambi.

Otin menyebut untuk pelayanan publik ini, masih dipertanyakan lagi oleh Provinsi, dikarenakan belum adanya kategori khusus. Pasalnya, semua (pemerintahan,red) merupakan pelayanan publik.

"Jadi pelayanan publik yang mana, seperti apa. Inilah yang masih menjadi pemetaan oleh Kemendagri. Dan hari Jumat (24/1) besok kepala BKD, Karo Organisasi diundang kembali dalam rakor di sana (pusat, ed)," imbuhnya.

Apabila nantinya sudah ada kejelasan dan kepastian dalam hal pelayanan publik, maka Dinas PMPTSP yang merupakan instansi yang akan mengalami perampingan eselon itu tentunya segera melakukan transformasi jabatan fungsional.

"Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Nasional tahun 2019, ada 195 pejabat Widyaiswara atau fungsional di Indonesia. Termasuklah Pak M Dianto," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments