Minggu, 29 Maret 2020

KGS Jambi Bagikan Raport Secara Online


Kamis, 19 Maret 2020 | 13:16:30 WIB


/ metrojambi.com

 JAMBI – Meski proses belajar mengajar di sekolah diliburkan, namun Karunia Global School (KGS) Jambi tetap melakukan kegiatan belajar secara online. Seperti membagikan raport mid semester siswa secara online.

Hal ini dikarenakan adanya himbauan dari pemerintah untuk meliburkan sekolah dan melakukan social distancing (mengurangi aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, serta mengurangi tatap muka langsung, red).

Pembagian raport dimulai Rabu (16/3/2020) kemarin hingga Jumat (20/3/2020) besok. Untuk tahap pertama pembagian raport dilakukan oleh TK Karunia Global School.

Kepala TK KGS Jambi, Mei mengatakan, pembagian raport untuk TK dilakukan sebanyak dua sesi. "Kemarin dan hari ini, kita punya 10 kelas. Kemarin hanya TK A dan TK B, hari ini play group," ujarnya.

Dikatakannya lagi, apa yang dilakukan ini merupakan salah satu cara sekolah untuk tetap berkomunikasi dengan orang tua siswa walaupun terkendala dengan mewabahnya virus corona (COVID-19) yang mengharuskan tiada kegiatan tatap muka di sekolah.

"Kita berusaha agar kegiatan di sekolah tetap berjalan tetapi mereka (siswa dan orang tua, red) tidak masuk ke sekolah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Sebelumnya juga sudah dikonfirmasi ke orang tua siswa bahwa akan diadakan pembagian raport online," katanya.

Mei menyebutkan, pembagian raport online tersebut tidak hanya untuk TK saja, tetapi SD, SMP dan SMA KGS Jambi juga melakukan hal yang sama.

"Ini sudah kegiatan rutin, sebelumnya memang sudah dijadwalkan bahwa untuk setiap tiga bulan sekali pembagian raport mid semester siswa, karena terkendalanya harus diliburkan kita melakukan pembagian raport nya dengan cara video call dengan parrent," ungkap Mei.

Salah satu kendala yang terjadi melakukan pembagian raport secara online adalah internet, pihak sekolah telah mengusahakan internet di sekolah bagus tetapi tidak tahu kalau ada internet orang tua siswanya perlu lebih ditingkatkan.

Namun, sejauh ini pembagian raport online masih berjalan dengan lancar tanpa kendala.

"Pembagian raport online ini juga ada positifnya, jika ada orang tua siswa berada di luar kota, mereka tetap masih bisa menerima raport anaknya tanpa perlu datang ke sekolah," katanya lagi.

Untuk raport fisik akan diberikan jika kondisi sudah membaik, serta sudah ada himbauan dari pemerintah agar anak-anak bersekolah kembali.

Setelah pembagian raport online, dilakukan libur selama tiga hari dan dilanjutkan untuk kegiatan home learning.

Menurut Mei, home learning ada positifnya karena orang tua siswa akan lebih mengikuti pembelajaran anaknya. ‘’Ini akan menjadi kesempatan untuk memahami anaknya serta mengajarkan anak,’’ ujarnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments