Kamis, 2 April 2020

221 Warga Kerinci Masuk Kategori ODP, 1 Orang PDP Covid-19


Selasa, 24 Maret 2020 | 12:26:13 WIB


/ istimewa

KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci melalui Dinas Kesehatan terus melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Kerinci.

Adapun data yang berhasil dihimpun dari Dinas Kesehatan Kerinci, adapun warga Kerinci yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 sebanyak 221 orang, dan 1 orang lainnya masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal saat dikonfirmasi membenarkan data tersebut. Dikatakannya, kebanyakan ODP tersebut merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari wilayah terjangkit, seperti dari Malaysia.

“Iya, benar itu orang dalam pemantauan, misalnya pulang dari Malaysia. Itu kan negara terjangkit, ya kita pantau. Itu data Puskesmas. Panjang prosesnya itu, setelah itu PDP. Kalau ada gejala sakit dalam jangka 14 hari ini kita suruh ke dokter,, hingga pemeriksaan lebih lanjut sampai ada hasilnya,” beber Hermendizal.

Dikatakannya lagi, Dinkes meminta warga yang ODP untuk mengisolasi diri dirumah selama 14 hari. “Iya warga yang ODP ini harus isolasi diri juga dirumah,” ujarnya, selasa (24/3/2020).

Sementara itu, sampai saat ini baru ada warga yang ODP dan PDP, belum ada warga Kerinci yang positif Covid-19. “Kita berdoa mudah-mudahan tidak ada yang positif Covid-19,” ujarnya.

Selain itu Pemkab Kerinci terus berupaya mencegah merebaknya virus Corona di Kerinci. Bahkan Bupati Adirozal mengintruksikan agar tiga jalur transportasi masuk Kerinci diawasi ketat, seperti di Letter W, Muara Emat, dan Bandara Depati Parbo.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments