Kamis, 2 April 2020

Pembobol Gerai Alfamart di Tebo Terkapar Usai Baku Tembak dengan Polisi


Rabu, 25 Maret 2020 | 22:03:34 WIB


Salah seorang pelaku pembobolan gerai Alfamart di Rimbo Bujang saat menjalani perawatan usai terlibat baku tembak dengan Tim Sultan Satreskrim Polres Tebo
Salah seorang pelaku pembobolan gerai Alfamart di Rimbo Bujang saat menjalani perawatan usai terlibat baku tembak dengan Tim Sultan Satreskrim Polres Tebo / dok.metrojambi.com

MUARATEBO – Tim Sultan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tebo berhasil menangkap dua orang pelaku pembobolan gerai Alfamart di Kecamatan Rimbo Bujang beberapa waktu lalu. Pelaku yang ditangkap adalah Yakin (26) dan Yoyon Suwito (35).

Penangkapan tidak berlangsung mudah. Ini dikarenakan Yoyon Suwito melakukan perlawanan saat akan ditangkap, sehingga terjadi baku tembak. Yoyon baru berhasil diringkus setelah dilumpuhkan dengan tembakan.

Kapolres Tebo AKBP Abdul Hafidz melalui Kasat Reskrim AKP M Riedho Syawaludin Taufan, mengatakan awalnya dilakukan penangkapan terhadap Yakin, Jumat (23/3/2020) lalu. Yakin ditangkap saat akan melakukan penjemputan terhadap tiga pelaku lainnya, yakni Hengki, Jaud, dan Yoyon.

Berbekal informasi dari Yakin, Tim Sultan bersama anggota Unit Reskrim Polsek Rimbo Bujang lantas melakukan penggerebekan terhadap Hengki, Jaud, dan Yoyon. Namun ketiganya berhasil melarikan diri saat dilakukan penggerebekan.

Setelah melakukan pengembangan, sekira pukul 16.15 WIB, Selasa (24/3/2020), Tim Sultan Satreskrim Polres Tebo berhasil melacak keberadaan Yoyon. Tim Sultan lantas membuntuti Yoyon yang saat itu dalam perjalanan menuju arah Jambi dengan kendaraan roda empat.

Untuk melakukan penangkapan terhadap Yoyon, anggota Satreskrim yang dibantu anggota Satuan Sabhara melakukan razia di depan Mapolres Tebo. Melihat ada petugas kepolisian menggelar razia, Yoyon yang saat itu mengendarai mobil Panther pick up berupaya menghindar.

Setelah dilakukan pengejaran, Yoyon akhirnya berhasil ditangkap. Dari hasil pemeriksaan, diketahui jika Yoyon juga memiliki senjata api, yang ikut digunakan saat beraksi.

Selanjutnya, Tim Sultan melakukan pengembangan untuk mencari keberadaan senjata api tersebut, yang menurut tersangka disimpan di kawasan perkebunan kelapa sawit PTP, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo.

Ketika senjata api miliknya ditemukan, Yoyon tiba-tiba melakukan perlawanan. Yoyon merebut senjata api rakitan miliknya dari tangan petugas kepolisian, sehingga terjadi baku tembak.

Dalam baku tembak tersebut, Yoyon dua kali melepaskan tembakan ke arah petugas kepolisian. Salah satunya mengenai kaca mobil milik anggota. Akhirnya, Yoyon terkapar bersimbah darah setelah dilumpuhkan dengan tiga tembakan. Setelah itu, ia langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

“Dari tangan pelaku kita mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya senjata jenis Revoper rakitan dan dua amunisi aktif kaliber 5.56 mm,” ujar Riedho, Rabu (25/3/2020).

Lebih lanjut Riedho mengatakan, dari hasil pemeriksaan diketahui jika kawanan pelaku tidak hanya membobol gerai Alfamart di Jalan 21. Disebutkan Riedho, kawanan pelaku terakhir baru membobol Alfamart di Unit 3 Rimbo Bujang.

“Saat ini kita masih melakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap tersangka,” pungkasnya.


Penulis: cr3
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments