Kamis, 2 April 2020

Tak Perlu Lagi ke Dukcapil, Pengurusan Administrasi Kependudukan Bisa Dilakukan di Desa


Rabu, 25 Maret 2020 | 22:12:49 WIB


Jailani
Jailani / dok.metrojambi.com

BANGKO - Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Merangin menciptakan terobosan baru terkait pengurusan administrasi kependudukan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam berurusan.

Dinas Dukcapil Merangin sudah membuat aplikasi khusus untuk mengerus administrasi kependudukan secara online. Dengan mengunjungi Website Dukcapil di http://dukcapil.meranginkab.go.id:1577/, maka kita bisa melakukan proses pengurusan administrasi kependudukan.

"Kami membuat sistim pelayanan yang mana nantinya bisa cetak sendiri di tempat. Aplikasi itu kita buat sederhana dulu, menjelang kita buat aplikasi yang betul-betul bagus. Memang tergetnya nanti dengan menggunakan aplikasi yang kita buat masyarakat bisa mencetak di desanya masing masing," ujar Jailani, kepala Dinas Dukcapil Merangin, Rabu (25/3/2020).

Ditambahkan Jailani, dengan adanya aplikasi tersebut masyarakat tidak perlu lagi susah payah datang ke kantor Dukcapil. Kecuali masyarakat mau rekaman e-KTP, memang harus datang. Namun jika hanya untuk merubah Kartu Keluarga atau ada perubahan tanggal lahir bisa melalui aplikasi itu.

"Tujuannya untuk mempermudah masyarakat. Kan bisa dikerjakan sendiri di rumah dan bisa cetak sendiri. Nanti bahan yang dikirim masyarakat di dalam website itu lengkap, kita proses lalu kita kirim lagi dan bisa dicetak, tinggal lagi kami kirim kertas yang sudah berlogo" ujarnya lagi.

Lebih lanjut Jailani mengatakan, saat ini memang masih menggunakan blangko khusus sampai bulan Juni, karena stoknya masih ada, untuk akte kelahiran dan akte kematian

"Tapi lewat bulan Juni nanti, semua blangko mulai dari KK, akte, kita menggunakan kertas HPS A4 yang lebih tebal," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments