Senin, 1 Juni 2020

Terekam CCTV, Satu Pencuri Uang Jutaan Rupiah di Kayu Aro Kerinci Ditangkap


Selasa, 21 Mei 2019 | 20:34:00 WIB


Terduga pelaku yang terekam CCTV dan kini diamankan polisi
Terduga pelaku yang terekam CCTV dan kini diamankan polisi / Dedi

KERINCI - Viral di media sosial (Medsos) aksi pencurian di salah satu rumah milik warga Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/05) lalu. Aksi pencurian tersebut viral setelah terekam CCTV. 

Dalam rekaman CCTV terlihat salah seorang pelaku mengenakan celana pendek dan jaket merah, sedang memeriksa sesuatu di rumah korbann Maintan Raja Gukguk (59), warga RT 05 Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. 

Pelaku diduga berjumlah dua orang, yakni berinisial F (23) warga Desa Mekar Jaya, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci dan RG. 

Lhiber, anak korban membenarkan adanya aksi pencurian di rumah orang tuanya yang terekam CCTV. Dia mengatakan pelaku masuk ke rumah orang tuanya pada Minggu (19/05) pagi.

"Ketika itu orang tua saya tidak ada di rumah. Rumah dalam keadaan kosong," sebutnya. 

Akibat peristiwa ini para pelaku berhasil membawa kabur uang puluhan juta rupiah. 

"F sudah tertangkap, sedangkan RG kabur dan saat ini menjadi buron pihak kepolisian," katanya. 

Menurut keterangan Lhiber, dari hasil keterangan pelaku F, ia bersama rekannya sudah berhasil membawa kabur uang jutaan rupiah. "Itu pengakuan dari pelaku F yang sudah ditangkap. Tapi bisa jadi lebih dari itu," tegasnya. 

Dia minta kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini, karena jika dibiarkan para pelaku akan kembali melakukan aksi pencurian di wilayah Kerinci.

"Kasihan orang tua saya, ngumpulin uang dikit-dikit malah dimaling sama mereka," pungkasnya. 

Sementara itu, Kapolsek Kayu Aro Iptu Dolizar saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia mengatakan satu orang pelaku sudah berhasil ditangkap berinisial F. Sedangkan rekannya RG masih dalam pengajaran, karena melarikan diri.

"Pelaku F ini ditangkap di rumah korban di Kersik Tuo, pada Minggu sekitar pukul 20.00 WIB," sebutnya. 

Kapolsek menjelaskan penangkapan terhadap tersangka berdasarkan bukti permulaan yang cukup diduga telah melakukan tindak pidana mengambil barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum. 

Aksi pencurian ini dilakukan oleh dua orang dengan cara memanjat pagar atau dinding pekarangan dengan menggunakan alat seutas tali plastik untuk membuka jendela. 

Pelaku masuk dari belakang rumah korban dan kemudian langsung membuka jendela kamar rumah korban, sesampai di dalam rumah korban pelaku berhasil mengambil uang korban sebanyak Rp. 2.600.000. 

"Pelaku ditangkap oleh massa dan  diamankan oleh pihak Polsek Kayu Aro, untuk dimintai keterangan dan proses hukum lebih lanjut," jelasnya. 

Menurut keterangan Dolizar, sebelumny para pelaku juga pernah melakukan aksi pencurian di tempat yang sama.


Penulis: Dedi
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments