Minggu, 9 Agustus 2020

Selain Istri dan Anak Pasien Positif Covid-19, Perawat Serta Dokter Kini Diisolasi di RSUD


Kamis, 26 Maret 2020 | 11:50:06 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Johansyah mengatakan bahwa kondisi terakhir pasien yang disinyalir positif terinfeksi corona (Covid-19) dalam keadaan stabil yang nantinya akan dilakukan uji swab (uji lab) kembali.

Untuk saat ini, istri dan anak dari pasien tersebut pada Senin (23/3/2020) kemarin dilakukan isolasi mandiri di rumah.

"Info dari rumah sakit istri dan pasien yang positif covid-19 kemarin itu melakukan isolasi di rumah dan kita lakukan tes kesehatan, jadi orang dalam pemantauan (ODP)," ungkapnya, Kamis (26/3/2020).

Sementara tim terpadu penangangan Covid-19 Jambi telah mendata sebanyak 178 ODP, 14 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 3 orang pasien masih menunggu uji swab (uji lab) dari Litbangkes.

"Mudah-mudahan di Pusdatin di BPBD mulai hari ini sudah terekap semua kabupaten kita dan peta penyebarannya," terangnya.

Kabar terbaru, tenaga medis yang menangani pasien laki-laki berusia 55 tahun positif Covid-19 itu, kemarin di RSUD Raden Mattaher Provinsi turut diisolasi.

Johansyah menyampaikan, setelah diinventarisasi oleh tim terpadu ternyata ada perawat dan satu dokter yang menangani pasien itu termasuk dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP). "Satu dokter, 4 perawat di rumah sakit umum," bebernya.

Untuk contact tracing pasien sebelum dinyatakan positif corona selain tenaga medis yang bersinggungan, sejauh ini kata Johansyah, tim penanganan masih terus melakukan invetarisir siapa saja orang-orang tersebut.

"Nanti informasi lebih lanjutnya, kita lagi rapat dulu, yang jelas mereka ODP," tandasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments