Minggu, 29 Maret 2020

Kajati Jambi Instruksikan Jajaran Sidang di Pengadilan Melalui Teleconference


Kamis, 26 Maret 2020 | 16:50:40 WIB


Sidang lewat teleconference di Pengadilan Negeri Sarolangun
Sidang lewat teleconference di Pengadilan Negeri Sarolangun / metrojambi.com

 JAMBI - Jaksa Agung menantang setiap Kejaksaan Tinggi (Kejati) di seluruh Indonesia untuk menggelar sidang perkara pidana secara online atau melalui teleconference.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi aktivitas pertemuan terkait wabah virus corona atau covid 19. Pesan ini disampaikan melalui video conference, Selasa 24 Maret 2020.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kejati Jambi tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk menjawab tantangan tersebut. Seperti diketahui, selama ini persidangan perkara pidana di pengadilan negeri masih berjalan normal.

Sidang online atau lewat teleconference tersebut dilakukan dengan para pihak, baik jaksa, hakim, pengacara maupun terdakwa tidak berada di ruang sidang, namun tetap di tempat masing-masing. Sarana penunjangnya adalah laptop yang sudah disetting aplikasi khusus di setiap tempat.

Kasi Penkum Kejati Jambi Lexy Pathatani, mengatakan, pada prinsipnya kebijakan Jaksa Agung untuk sidang lewat teleconference akan dilaksanakan.

"Saat ini para Kasi Pidum akan berkoordinasi dengan pengadilan dan Rutan maupun Lapas supaya perangkat teleconference terpasang, dan paling lambat minggu depan sudah aktif," kata Lexy, Kamis (26/3/2020).

Terpisah, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Jambi Rusydi Satrawan mengatakan, pihaknya tetap melaksanakan penegakan hukum dengan tetap melakukan sidang pada saat terjadinya wabah corona namun sidang dilakukan tidak seperti biasanya.

Seperti menghadir semua di ruang sidang baik jaksa, hakim, Penasehat hukum dan terdakwa maupun saksi tetapi sidang dilakukan via online. "Beberapa tempat di Indonesia juga sudah mulai melaksanakan hal tersebut," ujarnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments