Senin, 1 Juni 2020

Dirut RSUD Kolonel Abundjani Sebut Puncak Penyebaran Covid-19 Diprediksi Terjadi Pertengahan April


Minggu, 29 Maret 2020 | 16:01:47 WIB


Dirut RSUD Kolonel Abundjani Bangko Berman Saragih
Dirut RSUD Kolonel Abundjani Bangko Berman Saragih / Metrojambi.com

BANGKO – Puncak penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Indonesia diprediksi terjadi pada pertengahan April. Hal ini disampaikan Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonel Abundjani Bangko, Berman Saragih.

"Puncaknya nanti bulan April, pertengah sampai ahir bulan. Ini prediksi dari kementerian, jadi kita harus siap-siap dengan semua itu," kata Berman.

"Sekarang saja kondisinya sudah seperti ini, apalagi besok dan lusa. Jadi kalau masyarakat tidak disiplin, kondisinya bisa lebih parah dari sekarang," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut Berman mengatakan, pihaknya juga sudah mempersiapkan diri, seperti menyiapkan ruang isolasi, Alat Pelindung Diri (APD), serta dokter khusus yang akan menangani pasien Covid-19.

"Kalau kita sudah siap. Ruangan siap, APD sudah siap, begitu juga dengan tenaga medis yang dipimpin lansung oleh dokter paru-paru. Kita punya dua dokter paru-paru,” bebernya.

"Kita juga sudah memiliki anti virus sebanyak 300 butir kami minta dengan dinas provinsi. Tapi anti virus tersebut tidak sembarangan orang bisa dapat, hanya orang berstatus PDP (pasien dalam pengawasan) baru bisa mendapat anti virus itu," pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Merangin Al Haris mengatakan, kondisi ke depan bisa saja memburuk. Untuk itu, ia meminta agar masyarakat Merangin untuk mematuhi semua imbauan yang telah dikeluarkan pemerintah terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Saya meminta kepada masyarakat, mari sama-sama kita perangi penyakit ini. Patuhi imbauan dan larangan pemerintah," kata Al Haris saat meninjau RSUD Kolonel Abundjani Bangko, Sabtu (28/3/2020).


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments