Kamis, 4 Juni 2020

Karena Covid-19, PN Kualatungkal Gelar Sidang Daring


Rabu, 01 April 2020 | 14:42:00 WIB


Humas PN Kualatungkal, Deni Hendra ST Panduko
Humas PN Kualatungkal, Deni Hendra ST Panduko / istimewa

KUALATUNGKAL - Pengadilan Negeri Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) saat ini tidak menggelar sidang perkara pidana umum dan perdata dengan cara terbuka dan menghadirkan terdakwa, melainkan menggelar sidang secara online atau daring.

Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19). Sidang secara daring di Pengadilan Negeri Kualatungkal telah digelar sejak 31 Maret 2020 kemarin.

"Kita lakukan sejak kemarin. Sidang dilakukan secara daring," kata Humas PN Kualatungkal, Deni Hendra ST Panduko, Rabu (1/4/2020).

Diterangkamnya, sidang dilakukan melalui aplikasi zoom. Sehingga majelis hakim berada di ruang sidang dengan pakaian lengkap dan peralatan seperti biasa.

"Terdakwa berada di Lapas dengan mengunakan aplikasi yang sama. Jaksa berada di kejaksaan," tegasnya.

Nantinya, kejaksaan akan mengutus tim pengawal tahanan ke lapas untuk mengatur siapa saja yang menjadi terdakwa berdasarkan kasus yang bersangkutan.

"Ada petugas dari kejaksaan di sana (Lapas, red). Nanti kita tunjuk siapa terdakwa yang bersangkutan, nanti pihak jaksa akan mengarahkan terdakwanya,"sebutnya.

Saat ditanya apakah efektif dengan sidang daring tersebut. Ia menegaskan sebenarnya kurang efektif lantaran komunikasi kerap terhambat karena jaringan.

"Lebih efektif biasa tapi kan ini kondisi corona jadi harus di jalankan. Kadang sinyal nya payah, tapi untuk kualitas gambar dan suara bagus," ujarnya

Dia berharap pandemi Covid-19 segera selesai dan tidak lagi ada. "Kita harap kondisi ini segera puluh, karena berdampak terhadap aktivitas yang ada," tandasnya.


Penulis: cr4
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments