Kamis, 4 Juni 2020

Anggota PPK Terindikasi Terlibat Parpol, Integritas Divisi SDM KPU Tebo Dipertanyakan


Kamis, 20 Februari 2020 | 22:56:53 WIB


Riance Juskal
Riance Juskal / metrojambi.com

MUARATEBO - Adanya laporan dugaan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terindikasi masih terlibat dalam Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Tebo mendapatkan respon dari Komunitas Peduli Pemilu Bersih (Kopi Putih) Jambi.

Mereka mempertanyakan ada apa dengan divisi SDM KPU Kabupaten Tebo, sehingga sampai kecolongan dengan Anggota PPK yang masih terlibat partai politik.

Sekretaris Kopi Putih Jambi Riance Juskal, S.I.Kom mempertanyakan kenapa divisi SDM bisa teledor atas verifikasi bahan calon dilakukan pihak terkait yang membidangi hal tersebut.

"Ada apa dengan divisi SDM KPU Kabupaten Tebo, sehingga bisa kebobolan Anggota PPK terindikasi terlibat parpol, apalagi saya mendengar komisioner lain sudah mengingatkan kepada divisi SDM untuk mengecek ke sipol nama-nama anggota calon PPK yang lulus seleksi bahan kemarin, berarti apa yang diminta oleh kawan-kawan komisioner KPU Kabupaten Tebo kepada Divisi SDM tidak dilaksanakan, ini sangat berbahaya bagi KPU Kabupaten Tebo nantinya, karena semua keputusan kolektif kolegial," ujarnya Kepada Metrojambi.com, Kamis (20/02/2020).

Rian juga mengatakan dampak dari kejadian ini sangat wajar jika timbul praduga bahwa Divisi SDM KPU Kabupaten Tebo yang sengaja meluluskan anggota PPK terindikasi parpol tersebut.

"Jadi sangat wajar jika nanti akan muncul praduga bahwa Mereka yang terindikasi parpol tersebut adalah mereka orang-orang bawakan dari Devisi SDM KPU Tebo yang sengaja dipaksakan untuk lulus, atau memang dia sebagai anggota Divisi SDM KPU Tebo tidak tahu dengan kondisi Tebo, Ya, Sangat wajar muncul berbagai prasangka, dugaan," lanjutnya lagi sembari menyebutkan juga sangat wajar jika integritas Devisi SDM KPU Tebo dipertanyakan.

"Wajar sekali jika muncul mempertanyakan integritas divisi SDM KPU Tebo, bahkan saya mendapatkan informasi yang pertama mengetahui persoalan ini justru divisi teknis KPU Tebo yang mengecek langsung ke Sipol, jika memang benar informasi yang saya terima ini silahkan dibantah," kata Rian menambahkan.

Selain itu, Rian juga menyebutkan padahal bahan tersebut ada surat pernyataan bahwa calon PPK tidak boleh terlibat dalam partai politik.

"Saya juga mendengar bahwa persoalan ini sudah dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Tebo, jadi sebaiknya mereka yang terindikasi terlibat parpol segera di faktualkan, dan jika memang terbukti segera diberhentikan dan segera diganti demi terlaksananya pemilu bersih dan bermartabat di Kabupaten Tebo," pungkasnya.


Penulis: cr3
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments