Selasa, 2 Juni 2020

Pantau Harga Bapok dan Sosialisasi Kesehatan Masyarakat, Disperindag Kerinci Pantau Sejumlah Pasar Tradisional


Senin, 06 April 2020 | 17:02:06 WIB


/ metrojambi.com

KERINCI - Dalam rangka penanggulangan wabah Covid - 19 di Kabupaten Kerinci, Dinas Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kerinci melakukan pemantauan harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kerinci dan sekaligus Sosialisasi Protokol Kesehatan Pasar Rakyat.

Pada Senin (06/04/2020) Disperindag Kabupaten Kerinci bersama pihak Kecamatan Siulak, Kapolsek dan Danramil Gunung Kerinci melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Senen. Disperindag bersama Forkompicam menemui kalangan pedagang di pasar dan menanyakan soal harga dan ketersediaan pangan.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kerinci, Yondizal mengatakan dari pemantauan harga tersebut dapat diinformasikan perkembangan harga Bahan Pokok (Bapok) di Pasar Senen hari ini secara umum harga relatif stabil bahkan ada penurunan untuk komoditas pertanian seperti cabe.

“Untuk harga rata-rata relatif stabil, bahkan ada yang turun. Hanya saja Bapok Industri dua komoditas yaitu gula dan minyak goreng mengalami kenaikan sejak beberapa minggu lalu,” jelas Kadis Perindag dikonfirmasi, Senin (6/4/2020).

Dia menjelaskan bahwa untuk kenaikan minyak goreng dan gula pasir sebesar Rp 4 ribu, dimana sebelumnya harga minyak goreng Rp 9000 menjadi Rp 12.000, sedangkan gula pasir dari Rp 15.000 menjadi Rp 19.000. "Cabe turun dari Rp 25 ribu/kg sekarang turun menjadi Rp 18 ribu/kg," sebutnya.

Menurutnya, sebelumnya pihaknya juga melakukan pemantauan harga bahan pokok dan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka menyikapi pandemik covid 19 di Pasar Semurup Kecamatan Air Hangat. Sosialisasi dan pemantauan melibatkan Tim Forkompincam Air Hangat, Camat, Kapolsek, Danramil serta dari Tim Puskesmas Semurup.

"Untuk harga Bahan Pokok (Bapok) di kecamatan ini juga relatif stabil kecuali untuk beberapa bahan pokok industri terutama gula mengalami kenaikan Rp. 5.000, dan minyak goreng sari murni dan garam pasokan ke pedagang berkurang. Sementara harga bahan pokok pertanian dan perikanan harga masih stabil," ungkapnya.

"Sedangkan kegiatan lain kito laksanakan penyemprotan disinfektan ke seluruh pasar rakyat,"pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments