Minggu, 7 Juni 2020

Gaji 13 dan THR ASN Pemkab Tanjabbar Terancam Tak Dibayar


Selasa, 07 April 2020 | 13:27:00 WIB


Sekda Tanjabbar Agus Sanusi
Sekda Tanjabbar Agus Sanusi / metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) tahun ini terancam tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji 13.

Pemerintah sendiri berencana mengalihkan anggaran pembayaran THR dan gaji 13 ASN untuk penanganan dan pencegahan Virus Corona (Covid-19).

Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjabbar Agus Sanusi mengatakan, hingga saat ini belum ada pemberitahuan secara resmi terkait dengan pemangkasan anggaran untuk gaji 13 dan THR. Namun Agus mengatakan, jika dilihat dari aturan yang tertuang dalam Perpres Nomor 54 tahun 2020, kemungkinan itu ada.

"Secara resmi belum. Tapi kemungkinan ada, karena prediksi APBN 2020 awal dengan Perpres yang baru itu mengacu Perpu Nomor 1 tahun 2020 tentang APBN. Kalau dilihat dari strukturnya, secara garis besar transfer ke daerah ada pengurangan," ujar Agus, Selasa (7/4/2020).

Agus menegaskan, jika mengacu pada aturan tersebut di atas ada kemungkinan gaji 13 dan THR ASN tidak akan dibayarkan. Namun, Agus mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari pusat.

"Untuk di Tanjabbar sendiri, untuk gaji 13 itu nilainya sekitar 10 miliar, dan THR sekitar 25 miliar," pungkasnya.


Penulis: cr4
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments