Kamis, 4 Juni 2020

Pemkot Cetak Generasi Berakhlak dan Berbudaya

FASI ke 19 tingkat Kota Jambi digelar

Jumat, 13 Maret 2020 | 11:01:24 WIB


Wawako Maulana memberikan sambutan dalam pembukaan FASI ke 19 tingkat Kota Jambi
Wawako Maulana memberikan sambutan dalam pembukaan FASI ke 19 tingkat Kota Jambi / Amril Hidayat/ Metrojambi.com

JAMBI- Pemerintah Kota Jambi terus menunjukan keseriusan dalam menciptakan generasi berakhlak dan berbudaya.

Ini ditunjukkan dengan kembali digelarnya festival anak sokeh Indonesia (FASI) ke-19 tingkat kota Jambi.

Kegiatan ini dibuka Wakil Wali Kota dr Maulana, pada Jumat (13/3) lalu di Balaikota Jambi.
Sekitar 600 anak SD akan mengikuti beragam lomba yang laksanakan Badan Komunikasi Pengurus Mesjid Indonesia (BKPRMI) kota Jambi.

Pemkot Jambi, kata Maulana dalam sambutannya, sangat berterima kasih kepada jajaran BKPRMI, bagian kesra setda kota Jambi serta seluruh organisasi Islam.

Termasuk kementerian agama yang membantu pemerintah kota Jambi secara serius untuk mewujudkan visi Kota sebagai pusat perdagangan dan jasa sesuai dengan akhlak dan berbudaya.

"Oleh karena itu maka dalam mewujudkan visi ini tidak bisa pemerintah kota Jambi melakukan sendiri, harus terintegrasi dengan seluruh organisasi keagamaan terutama Islam dan yang lain untuk tumbuh dan berkembang."

"Dan artinya juga menekankan kepada anak-anak, karena ini pondasi, jadi mulai dari anak-anak bahkan sebelum lahir sampai pranikah," kata dr Maulana ketika membuka FASI ke 19 tingkat Kota Jambi.
Dijelaskannya, keseriusan pemkot Jambi itu tertuang dalam Perda tentang pemberantasan buta aksara Al Quran. Salah satunya syarat masuk SMP yang harus bisa baca Al Quran.

Untuk memacu itu semua, Pemkot memberikan contoh dengan dilombakannya baca MTQ antar kepala OPD.

"Kami di pemerintah kota Jambi ini memberikan contoh kepada masyarakat, akan ada Musabaqoh Tilawatil Quran antar kepala OPD. Ini untuk memacu masyarakat dan ini bukan ingin menguji." Katanya.

Dia mengatakan ingin memberikan contoh kepada masyarakat bahwa Pemkot Jambi sangat serius mengenai akhlak dan budaya.
Ditambahkan Maulana, pola asuh pada anak sangat penting, karena akhlak dan budaya ini merupakan basis atau pondasi maka harus dikenalkan kepada anak-anak sejak sedini mungkin.

"Kita juga mendukung semua organisasi-organisasi Islam untuk sama-sama, bekerjasama saling membantu untuk mewujudkan akhlak dan budaya yang baik bagi masyarakat Jambi," ujarnya usai acara.

Ketua BKPRMI kota Jambi, Thoyib dalam mengatakan, FASI ini adalah ajang seleksi keterampilan santri cilik TKA/TPA/TPQ melalui kemasan aneka lomba yang menarik dan edukatif sesuai kurikulum yang berlaku.

Festival ini, tambahnya, diselenggarakan secara periodik dan berjenjang. Pemenang dari FASI tingkat kota Jambi akan dikirimkan ke FASI Provinsi Jambi di Kabupaten Tebo pada tanggal 10 April 2020.

Selanjutnya pemenang FASI Provinsi Jambi akan dikirim ke tingkat nasional pada bulan Juni 2020 di Kalimantan Tengah.

Peserta FASI berjumlah 638 terdiri dari TKA 91, TPA 300 dan TPQ 247, yang terdiri dari 135 utusan TPA, SD, MI, SMP dan MTS.

Adapun cabang lomba yang diperlombakan sebanyak 16 cabang. Untuk kategori TKA yakni adzan, mewarnai, gambar, ceramah agama dan peragaan salat.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon oleh Maulana secara bersama-sama peserta FASI. Maulana juga menerima secara simbolis piala bergilir dari SD Islam Al Falah Jambi sebagai juara bertahan.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments