Senin, 1 Juni 2020

Gugatan Penetapan Calon Terpilih DPRD Sarolangun Ditolak PTUN Jambi


Rabu, 08 April 2020 | 10:32:33 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jambi menolak gugatan Raja Indra terhadap SK penetapan calon terpilih anggota DPRD Sarolangun atas nama Azakil Azmi dan Aang Purnama, yang dilantik beberapa waktu lalu.

Sidang putusan perkara dengan nomor 29/G/2019/PTUN.JBI dibacakan oleh majelis hakim, Selasa (7/4/2020). Sidang pembacaan putusan ini dihadiri langsung oleh Komisioner KPU Sarolangun.

Ketua KPU Sarolangun Muhammad Fakhri membenarkan jika gugatan yang dilayangkan pemohon ditolak oleh hakim PTUN Jambi. Gugatan yang dilayangkan sendiri mengenai penetapan caleg terpilih 2019 lalu atas nama Azakil Azmi dan Aang Purnama.

Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jambi memutuskan untuk tidak menerima gugatan yang dilayangkan Raja Indra kepada KPU Sarolangun.

Sementara itu, Ihsan Hasibuan, kuasa hukum Raja Indra mengatakan, terhadap putusan tersebut kliennya akan mengajukan banding.

"Intinya terhadap putusan tersebut kami sangat tidak sependapat, makanya akhirnya memutuskan untuk mengajukan banding," katanya.

Ihsan menegaskan bahwa apa yang digugat oleh pihaknya dan klien itu tidak ada sangkut pautnya terhadap proses Pemilu. Menurutnya, yang digugat itu adalah setelah proses Pemilu selesai.

"Terhadap gugatan SK Gubernur itu, hakim menyebutkan bahwa tidak ada kaitannya. Makanya dengan itu kami lakukan banding," pungkasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments