Kamis, 28 Mei 2020

Di Tengah Pandemi Covid-19, Rio Terpilih Tetap Dilantik Langsung


Rabu, 08 April 2020 | 11:59:56 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARABUNGO - Beberapa waktu lalu, Kabupaten Bungo sudah usai melaksanakan Pemilihan Rio (Kepala Desa) serentak. Dalam waktu dekat, seluruh Rio terpilih akan segera dilantik secara langsung oleh Bupati Bungo, meskipun masih dalam kondisi pencegahan virus corona dan larangan mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

Hal itu diungkap langsung oleh Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Dusun melalui Kabid Pemerintahan Dusun, Bujang Jaafar. Ia menyebutkan bahwa pelantikan Rio terpilih akan dilakukan pada 9 April di ruang pola kantor bupati.

Bujang menyebutkan, Rio terpilih akan dilantik oleh Bupati Bungo secara bergiliran, agar tidak terjadi perkumpulan orang dalam jumlah yang banyak.

"Kita tidak melakukan pelantikan serentak kepada seluruh Rio, tapi akan kita atur jadwal pelantikannya, maksimal sekali dilantik itu 5 orang," ungkapnya.

Pelantikan Rio terpilih diperkirakan akan menghabiskan waktu beberapa hari, karena jumlah Rio yang akan dilantik sebanyak 69 orang. Bujang Jaafar melanjutkan, dalam pelaksanaan pelantikan nanti pihak PMD tidak melakukan undangan yang banyak. Ia hanya mengundang unsur yang penting dalam pelaksanaan pembangunan dusun.

"Kita tidak banyak mengundang, hanya mengundang orang yang dilantik dan 3 orang anggota BPD," ucapnya.

Selain itu, dalam surat udangan kepada Rio yang akan dilantik juga dilampirkan himbau untuk tidak membawa pendukung atau keluarganya ke lokasi pelantikan.

Ditanya alasan tidak menggunakan video conference (Vicon) dalam pelantikan ini, Bujang Jaafar menjelaskan, kendala yang dihadapinya disebabkan sebagian dusun yang akan dilantik tidak memiliki jaringan telekomunikasi, sehingga pelaksanaan pelantikan secara Vicon tidak bisa dilaksanakan.

"Masih banyak wilayah di Bungo yang belum ada sinyal, jadi tidak mungkin kita lakukan secara Vicon," ujar Bujang.


Penulis: cr5
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments