Rabu, 3 Juni 2020

Orangtua Pembimbing Anak Belajar Mandiri di Rumah


Kamis, 09 April 2020 | 13:06:28 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI- Pemberian tugas sekolah kepada siswa semua dilakukan secara dalam jaringan (daring). Dengan kegiatan yang serba online tersebut, orang tua sangat berperan untuk membimbing anaknya dalam kegiatan belajar di rumah.

Kegiatan belajar mengajar via online memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini agar tercapai.

Kepala SD Islam Al-Falah 1 Jambi Sri Winarti mengatakan, pemberian semua tugas pelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan grup WhatsApp per-kelas.

"Belajar menggunakan juga aplikasi yang bervariasi, yang tentunya sudah di sepakati di awal," ujarnya.

Dikatakannya, orang tua SD Islam Al-Falah 1 Jambi ikut bekerja sama untuk mensukseskan kegiatan belajar via online tersebut, dan macam aplikasi yang digunakan untuk penunjang kegiatan belajar juga telah disepakati oleh orang tua siswa.

"Sistem belajar untuk kelas I dan II menggunakan grup WA, untuk kelas III hingga kelas VI sudah bervariasi sistem belajarnya," ungkap Sri.

Dalam menggunakan aplikasi, para siswa belajar dan didampingi orang tua. Dikatakannya lagi, bahwa hal tersebut di sambut baik oleh siswa dan wali murid karena masih bisa belajar walaupun tidak secara tatap muka.

"Pasti orang tua terlibat dan turut bekerjasama. Karena bagaimana pun anak-anak harus tetap didampingi terutama pada masa pencegahan pandemi covid-19 yang sekarang ini," tandasnya.

Untuk nilai, diambil secara daring. Seperti Ulangan harian telah dilakukan secara daring di sebagian mata pelajaran. "Untuk ulangan khusus kelas VI rencakan akan dilakukan pakai googleform," tutupnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments