Minggu, 31 Mei 2020

Klarifikasi Tim Penjaringan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi


Minggu, 19 April 2020 | 20:40:28 WIB


/

 JAMBI - Menyikapi berbagai pemberitaan media yang menyangkut proses pendaftaran dan penjaringan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi, maka dapat kami sampaikan klarifikasi sebagai berikut:

Pada prinsipnya tim penjaringan DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi tidak mengenal tim pemenangan H. Ramli Taha, karena yang mendaftar itu bakal calon, dalam hal ini adalah H. Ramli Taha, bukan timnya.

Adapun persoalan yang menjadi keberatan yang disampaikan pihak yang mengatasnamakan tim Ramli Taha dapat kami jelaskan sebagai berikut:

1. Proses pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Partai Gerindra, dilaksanakan sepenuhnya oleh tim penjaringan sehingga segala urusan komunikasi, koordinasi, serta pelaksanaan seluruh rangkaian proses penjaringan dilakukan oleh tim penjaringan bukan kepada ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi yang dalam hal ini bapak Ir. H. A.R Sutan Adil Hendra, MM.

2. Dalam mengikuti proses pendaftaran dan penjaringan, bakal calon melakukan secara sukarela tanpa paksaan, demikian juga dengan pelaksanaan survei internal, tim penjaringan Gerindra tidak pernah memaksa bakal calon untuk ikut serta dalam survei internal (sukarela).

3. Mengenai surat yang disampaikan pihak yang mengatasnamakan tim Ramli Taha, SH, MH, kami selaku tim penjaringan telah mencoba berkomunikasi langsung via telepon dan WA, serta surat undangan resmi kepada bakal calon Gubernur H. Ramli Taha untuk hadir di DPD Partai Gerindra, namun yang bersangkutan tidak hadir.

4. Masalah lembaga survei yang dipersoalkan, dapat kami jelaskan ini merupakan proses internal partai berdasarkan AD / ART dan Peraturan Organisasi partai dan tim penjaringan tidak pernah menjanjikan pada setiap bakal calon survei memakai lembaga survei apa.

5. Masalah besaran dana sumbangan survei merupakan kesepakatan, berdasarkan jumlah dan proporsionalitas anggaran yang dibutuhkan, dan disetujui untuk ditanggung secara bersama oleh calon yang mendaftar.

6. Dapat kami sampaikan yang mendaftar dan disurvei bukan hanya pak Ramli Taha, tetapi ada 8 orang bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur yang mendaftar di Gerindra, dan semuanya tidak pernah melakukan protes, dan tetap patuh mengikuti mekanisme dan tahapan.

7. Sejauh ini proses penjaringan masih bergulir dan sepenuhnya masih ranah tim penjaringan dan keputusan sepenuhnya menjadi ranah DPP partai Gerindra di Jakarta.

8. Selanjutnya hasil penjaringan terhadap delapan (8) orang bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur telah di teruskan ke DPP dengan nomor : JI/03 - 1006/A/DPD - GERINDRA/2020 tentang usulan bakal calon Gubernur dan wakil gubernur telah disampaikan ke DPP Partai Gerindra di Jakarta untuk mengikuti proses selanjutnya.

Demikian klarifikasi ini kami sampaikan, untuk dapat dipahami semua pihak.

Hormat kami
Tim Penjaringan


Noviardi Ferzi (ketua)
Armen Siregar (sekretaris)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments