Sabtu, 30 Mei 2020

Pentingnya Memberikan Pelajaran Keterampilan


Selasa, 12 Mei 2020 | 13:40:54 WIB


Kepala SMPN 10 Kota Jambi Rubiati
Kepala SMPN 10 Kota Jambi Rubiati / istimewa

JAMBI – Melaksanakan kegiatan belajar secara online sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, memiliki tantangan tersendiri bagi guru agar siswanya tidak bosan dan tetap tertarik dengan pelajaran yang diberikan.

Selama pembelajaran online tentunya penting juga memberikan materi pembelajaran keterampilan agar tidak selalu terpaku dengan satu kegiatan saja.

Kepala SMPN 10 Kota Jambi Rubiati mengatakan, selama melaksanakan belajar secara online, jadwal pelajaran tetap seperti kegiatan yang dilakukan tatap muka di sekolah.

"Hanya saja bentuk atau metode pembelajaran yang diserahkan ke guru masing-masing mata pelajaran ada yang pakai video, ada zoom, dan tugas melalui WA," ujarnya.

Dikatakannya, siswa harus tetap belajar dan tidak semata-mata hanya pengetahuan saja, tetapi juga bersifat motorik atau keterampilan.

Selain itu, guru juga tidak hanya mengejar target kurikulum, tapi sebaiknya materi atau keterampilan menjadi tagihan sebaiknya disesuaikan dengan Kurikulum Dasar (KD).

"Kalaupun tidak tercapai tidak apa, yang penting ada proses belajar di rumah," ungkapnya.

Rubiati mencontohkan, untuk pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX ada KD menulis teks prosedur. Maka tagihan siswa terampil mengaplikasikan teks prosedur berupa praktik.

"Misalnya membuat mie goreng yang sekaligus disertai hasil menulisnya berupa teks prosedur. Jadi selain bisa membuat siswa tahu langkah-langkah yang harus dikerjakan secara tertulis juga ada menulisnya," katanya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments