Sabtu, 30 Mei 2020

Syarat Lulus Berdasarkan Nilai Lima Semester Terakhir


Selasa, 12 Mei 2020 | 17:24:10 WIB


Kepala SMPN 8 Kota Jambi, Germilasmawarni
Kepala SMPN 8 Kota Jambi, Germilasmawarni /

JAMBI – Kegiatan belajar mengajar jenjang SD, SMP dan SMA sederajat, saat ini dilakukan secara mandiri di rumah, guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

 

Selain belajar secara online, pemerintah juga memutuskan untuk membatalkan ujian nasional (UN) 2020 semua jenjang pendidikan, termasuk SMP sederajat.

 

Untuk itu, syarat kelulusan dan syarat seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi tidak lagi berpatokan pada nilai UN.

 

"Saat ini siswa Kelas IX tidak ada kegiatan lagi, hanya menunggu pengumuman kelulusan pada 5 Juni mendatang," ujar Kepala SMPN 8 Kota Jambi, Germilasmawarni.

 

Menurutnya pengumuman kelulusan siswa SMP ini akan dilakukan secara online. ‘’Sama seperti kegiatan belajar, pengumuman juga akan disampaikan secara online,’’ jelasnya.

 

Sementara itu, untuk syarat lulus jenjang SMP di masa Covid-19 ini, pemerintah memberi kebijakan dengan ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir.

 

"Sesuai keputusan pemerintah, untuk nilai semester genap kelas IX dijadikan sebagai nilai tambahan kelulusan di sekolah. Untuk kelulusan ini ditentukan sekolah," ungkap Germi.

 

Meskipun demikian, Germi selalu berharap yang terbaik untuk para siswanya. "Harapannya semoga siswa bisa lulus semua dan bisa melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi dan sesuai keinginan," katanya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments