Sabtu, 30 Mei 2020

Jelang Ujian, Guru Ditarget Tuntaskan Pembelajaran


Selasa, 12 Mei 2020 | 17:32:11 WIB


/ Dok/metrojambi.com

JAMBI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sudah mengeluarkan surat edaran untuk pedoman pendidikan di Indonesia selama pandemi virus covid-19.

 

Selain melakukan kegiatan belajar mengajar secara mandiri, ujian kenaikan kelas untuk SMP yang akan dilaksanakan pada awal Juni mendatang, juga tidak diperbolehkan dengan mengumpulkan orang banyak.

 

‘’Mulai dari belajar sampai ujian, semua dilakukan secara online,’’ ujar Kepala SMPIT Nurul Ilmi Jambi, Budi Taufik, Selasa (12/05).

 

Budi mengatakan, untuk menghadapi ujian kenaikan kelas di SMPIT Nurul Ilmi, para guru ditargetkan menuntaskan mata pelajaran di semester genap saat ini.

 

"Seperti mengambil nilai ulangan siswa, nilai tugas harian secara daring yang telah dilakukan, dan juga membuat kisi-kisi soal untuk ujiannya nanti," jelasnya.

 

Sejauh ini, kata Budi, persiapan ujian dan kegiatan belajar mandiri di rumah berjalan dengan lancar. "Untuk ketuntasan pelajaran di sekolah sudah mencapai 95 persen, hampir selesai," ungkapnya.

 

Budi juga mengaku sedikit kesulitan terhadap siswa yang tidak memiliki android atau laptop untuk kegiatan belajar maupun ujian.

 

Sebab, saat masa seperti ini sangat diperlukan adanya android dan laptop untuk menunjang kegiatan belajar secara online. "Tapi saat ini kendala sudah teratasi," ujarnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments