Rabu, 20 Januari 2021

Dua Posko Pemeriksaan Covid-19 di Bungo Ditutup


Rabu, 13 Mei 2020 | 14:25:12 WIB


Dua Posko Pemeriksaan Covid-19 di Bungo ditutup
Dua Posko Pemeriksaan Covid-19 di Bungo ditutup / istimewa

MUARABUNGO - Dua dari tiga posko pemantauan dan pemeriksaan Covid-19 di setiap pintu masuk ke Kabupaten Bungo ditutup.

Adapun posko yang ditutup yakni, posko di Dusun Babeko, Kecamatan Bathin II Babeko yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Tebo, serta posko yang berada di simpang Rantau Keloyang, Kecamatan Pelepat yang berbatasan dengan Kabupaten Merangin.

Untuk posko ketiga yang berada di Simpang Rantau Ikil, Kecamatan Jujuhan, perbatasan dengan Kabupaten Darmasraya, Sumatera Barat, tidak dilakukakan penutupan.

Kepala BPBD dan Kesbangpol Kabupaten Bungo Tobroni Yusuf saat dikonfirmasi membenarkan penutupan dua posko Covid-19 tersebut. Dikatakannya, penutupan kedua posko tersrbut sifatnya hanya sementara.

"Posko Jujuhan tetap berjalan seperti biasa, dikarenakan pemantauan antar provinsi," ujar Tobroni.

Diberhentikan operasi posko yang terletak di Kecamatan Babeko dan Rantau Keloyang tersebut mengingat pengawasan dapat dilakukan di kabupaten tetangga.

"Sementara kita istirahatkan dulu mengingat pengawasan dari dan ke Kabupaten Bungo dapat dilakukan saling berkoordinasi dengan Tebo dan Merangin," terangnya.

Keputusan itu diambil dengan mempedomani pasal 1 peraturan menteri perhubungan PM Nomor 25 tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama masa mudik idul fitri 1441 Hijriah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 menegaskan larangan sementara penggunaan transportasi hingga 31 Mei 2020.

Kemudian berdasarkan hasil pemantauan dan koordinasi posko satgas terpadu Covid-19 bahwa setelah diberlakukan peraturan tersebut terjadi penurunan Lalulintas darat angkutan orang.

Sehingga gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bungo memutuskan untuk memberhentikan sementara posko satgas terpadu sejak 12 Mei 2020 hingga batas waktu yang tidak tertentu.


Penulis: cr5
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments