Selasa, 24 November 2020

Warga Jaluko Dimakamkan dengan Protokol Kesehatan, Ini Kata Sekda Muaro Jambi


Jumat, 15 Mei 2020 | 07:59:17 WIB


Warga Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi saat dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19
Warga Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi saat dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19 /

SENGETI - Warga Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko), Kabupaten Muaro Jambi yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi, Rabu (14/5/2020) malam, dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Hal ini dilakukan karena pasien tersebut diduga terpapar Covid-19. Pasien tersebut diketahui berinisial F umur 53 tahun, beralamat di Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Muaro Jambi M Fadhil Arief yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Muaro Jambi, membenarkan adanya warga yang meninggal dunua tersebut.

"Almarhumah belum bisa kita katakan berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) karena belum sempat diuji swab dan baru sebentar masuk ke rumah sakit kemudian meninggal," terangnya, Kamis (14/5/2020).

Ditambahkan Fadhil, jenazah almarhumah sudah dimakamkan di lokasi yang sudah disiapkan, yakni tanah milik pemerintah daerah yang  berlokasi di kilometer 36.

Alasan dilakukan pemakaman secara protokol kesehatan Covid-19, karena pasien dicurigai terpapar Covid-19.

Fadhil juga meminta masyarakat jangan berprasangka yang tidak-tidak, karena pemakaman dengan protokol kesehatan bukanlah aib. Apalagi jenazah tersebut sempat menerima penolakan ketika akan dimakamkan.

"Terkait riwayat pasien yang meninggal tersebut masih dicurigai, makanya kita lakukan penanganan seperti itu, karena kita menghindari hal yang tidak kita inginkan," pungkasnya.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments