Senin, 3 Agustus 2020

Difasilitasi LAM, Dua Dusun di Bungo Sepakat Berdamai


Minggu, 17 Mei 2020 | 16:26:23 WIB


/ metrojambi.com

MUARABUNGO - Penyelesaian konflik antara Dusun (Desa, red) Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas dengan Dusun Candi, Kecamatan Tanah Sepenggal yang digelar oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Bungo akhirnya menemui kesepakatan.

Wakil Ketua 1 LAM Kabupaten Bungo Tobroni Yusuf menyebutkan, kedua belah pihak sudah menerima semua keputusan yang telah ditetapkan dengan dihadiri langsung oleh tokoh masyarakat dusun dan kecamatan.

"Alhamdulillah apa yang kita niat kedua belah pihak sudah menerima keputusan yang telah disepakati dengan menaikkan nilai-nilai adat," ujarnya, Minggu (17/05/2020).

Dalam keputusan sidang, kedua belah pihak juga sudah sepakat satu bahasa untuk menindaklanjuti semua sanksi yang diberikan serta bersama menjaga diri untuk tidak membuat keonaran dan tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax.

Dalam sidang tersebut, diketahui kerugian akibat kerusuhan mencapai 407.900.000. Untuk pembayaran ganti rugi disepakati dengan 50 persen kerugian ditanggung oleh Bupati, sedangkan kedua Dusun masing-masing 25 persen.

"Karena desa merupakan negeri dari pemerintahan daerah maka Bupati memberi support untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat," ujar Tobroni.

Ketua LAM Kabupaten Bungo, H. Husein Junit meminta kepada semua masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

"Masyarakat dan pemuda harus mawas diri jangan bertindak semena-mena sehingga terjadi hal yang dapat merugikan orang banyak," ucapnya.


Penulis: cr5
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments