Minggu, 7 Juni 2020

Anggota Brimob Polda Jambi Dikerahkan Bantu Pengamanan Perbatasan


Senin, 18 Mei 2020 | 13:06:14 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok/metrojambi.com

JAMBI - Anggota Brimob Polda Jambi membantu Satgas Pengamanan Pos Perbatasan Provinsi Jambi dalam Operasi Ketupat 2020 di wilayah perbatasan dengan beberapa provinsi tentangga di Sumatera, khususnya dalam rangka pengawasan di pos pemeriksaan Covid-19.

Pada saat pandemi Covid-19, Satuan Brimob Polda Jambi diturunkan dalam rangka pengamanan pos di perbatasan dan personel yang diturunkan dari pasukan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Jambi yang tergabung dalam satgas tersebut, kata Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Jambi Kombes Pol. Noor Hudaya melalui keterangan resminya yang diterima, Senin.

Anggota Brimob dilibatkan dalam kegiatan operasi pengamanan perbatasan bersama personel Polda Jambi dan instansi terkait lainnya. Mereka melakukan pengamanan di wilayah perbatasan Provinsi Jambi-Riau dan Jambi-Sumatera Selatan (Palembang).

Anggota Brimob Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Jambi melibatkan personelnya yang terpecah dalam beberapa posko perbatasan, di antaranya di Posko Jambi-Riau, tepatnya di Posko KM 35 dan di Kabupaten Muaro Jambi (Jambi)-Sumatera Selatan (Palembang).

Operasi Ketupat, kata Noor Hudaya, guna pencegahan penyebaran wabah virus corona yang dalam hal ini bertepatan dengan arus mudik Lebaran. Pada saat arus mudik, banyak warga dari luar Jambi hendak masuk ke provinsi ini meski adanya larangnya masyarakat untuk mudik ke kampung halaman masing-masing.

Operasi ini dengan maksud jika ada kendaraan yang hendak mudik ke Jambi akan diberhentikan, kemudian diperintahkan untuk putar balik.

Jajaran Satuan Brimob Polda Jambi selalu mem-back-updari satuan lainnya, seperti Sabhara, Ditlantas, dinas kesehatan, dan instansi terkait lainnya dalam penanganan corona sekaligus memutus penyebaran virus Covid-19.

Pada malam harinya, kata dia, personel Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jambi bersama Tim Serigala Polresta Jambi juga melakukan patroli rutin guna mencegah adanya kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa. Kegiatan ini bertujuan untuk menekan sebaran virus corona dan menekan angka kriminalitas di wilayah hukum Kota Jambi.

Patroli dilakukan di wilayah yang dinilai rawan, seperti Thehok, Telanaipura, bandara, dan tempat-tempat lain.

Dalam patroli itu, petugas masih menemukan sekelompok remaja yang masih berkempul, bahkan melakukan balapan liar di sekitaran wilayah Telanaipura, Kota Jambi.

Petugas pun melakukan pembubaran dan pengejaran terhadap para pelaku balapan liar serta mengamankan salah satu pemuda yang kedapatan membawa narkoba jenis sabu-sabu.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments